Dwiyanti, Ni Desak Made Maitryana (2025) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH BERBANTUAN MEDIA QUIZIZZ TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SISWA KELAS VIII DI SMP NEGERI 1 PUPUAN. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
![]() |
Text (COVER)
2113011046-COVER.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text (ABSTRAK)
2113011046-ABSTRAK.pdf Download (339kB) |
![]() |
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2113011046-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (366kB) |
![]() |
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2113011046-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (784kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2113011046-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (440kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2113011046-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (438kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 5 PENUTUP)
2113011046-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (263kB) | Request a copy |
![]() |
Text (DAFTAR PUSTAKA)
2113011046-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (253kB) |
![]() |
Text (LAMPIRAN)
2113011046-LAMPIRAN.pdf Download (7MB) |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan pemecahan masalah matematika siswa. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran berbasis masalah berbantuan media Quizizz terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika siswa. Penelitian ini merupakan penelitian jenis kuasi eksperimen dengan desain post-test only control group. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Pupuan yang terdiri atas lima kelas dengan jumlah keseluruhan yaitu 156 siswa kemudian diambil dua kelas sebagai sampel penelitian yang dipilih dengan teknik cluster random sampling yaitu kelas VIIIA sebagai kelas eksperimen yang diberi perlakuan model pembelajaran berbasis masalah berbantuan media Quizizz sebanyak 32 siswa dan kelas VIIIC sebagai kelas kontrol yang diberi pembelajaran konvensional sebanyak 32 siswa. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini berupa tes kemampuan pemecahan masalah yang telah dinyatakan valid dan reliabel dengan r = 0.705. Pengujian hipotesis dilakukan menggunakan uji t (independent samples t-test) setelah memenuhi uji prasyarat yaitu uji normalitas dan uji homogenitas. Hasil analisis statistik deskriptif diperoleh rata-rata nilai post-test kelas eksperimen dan kelas kontrol berturut-turut sebesar 70.19 dan 62.56. Nilai statistik uji t sebesar t = 3.124 dan diperoleh nilai signifikansi p = 0.003 dimana p < 0.05 yang artinya H_0 ditolak dan H_1 diterima. Hal ini menunjukkan bahwa kemampuan pemecahan masalah matematika siswa yang mengikuti pembelajaran dengan model pembelajaran berbasis masalah berbantuan media Quizizz lebih tinggi daripada siswa yang mengikuti pembelajaran konvensional. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran berbasis masalah berbantuan media Quizizz berpengaruh positif terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Pupuan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | pembelajaran berbasis masalah, Quizizz, kemampuan pemecahan masalah matematika |
Subjects: | L Education > L Education (General) Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Jurusan Matematika > Program Studi Pendidikan Matematika (S1) |
Depositing User: | Ni Desak Made Maitryana Dwiyanti |
Date Deposited: | 23 Jul 2025 08:36 |
Last Modified: | 23 Jul 2025 08:36 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/25899 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |