Tenggara, Ni Putu Anik Laranadi Surya (2025) PENGARUH PENERAPAN MODEL PBL DENGAN PENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING BERBANTUAN MEDIA INTERAKTIF TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VIII. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
![]() |
Text (COVER)
2113011025-COVER.pdf Download (906kB) |
![]() |
Text (ABSTRAK)
2113011025-ABSTRAK.pdf Download (246kB) |
![]() |
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2113011025-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (327kB) |
![]() |
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2113011025-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (555kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2113011025-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (593kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2113011025-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (420kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 5 PENUTUP)
2113011025-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (335kB) | Request a copy |
![]() |
Text (DAFTAR PUSTAKA)
2113011025-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (241kB) |
![]() |
Text (LAMPIRAN)
2113011025-LAMPIRAN.pdf Download (3MB) |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya prestasi belajar matematika siswa kelas VIII dimana salah satu penyebabnya adalah kurangnya penekanan pada proses pembelajaran matematika di kelas. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menguji pengaruh penerapan model PBL dengan pendekatan Contextual Teaching and Learning berbantuan media interaktif terhadap prestasi belajar matematika siswa kelas VIII. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu dengan desain posttest only group design. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VIII. 4 sampai VIII. 11 SMP Negeri 2 Singaraja Tahun Ajaran 2024/2025 dengan total 280 siswa dan pengambilan sampel menggunakan teknik cluster random sampling. Dari hasil pengundian diperoleh kelas VIII.6 sebanyak 34 siswa sebagai kelas eksperimen yang mengikuti pembelajaran menggunakan model PBL dengan pendekatan Contextual Teaching and Learning berbantuan media interaktif dan kelas VIII.5 sebanyak 35 siswa sebagai kelas kontrol yang mengikuti pembelajaran konvensional yaitu model PBL dengan pendekatan Saintific berbantuan LKPD. Hasil penelitian mengungkap bahwa kelas eksperimen memiliki rata-rata skor post-test sebesar 80,47, sedangkan kelas kontrol memperoleh rata-rata skor post-test sebesar 75,82. Hasil uji hipotesis yang menggunakan independent sampel t-test dengan taraf signifikansi 0,05 menunjukkan nilai signifikansi (sig.) sebesar 0,00 dimana 0,00 < 0,05. Hal ini mengindikasikan terdapat pengaruh signifikan dari penerapan model PBL dengan pendekatan Contextual Teaching and Learning berbantuan media interaktif dalam meningkatkan prestasi belajar matematika. Berdasarkan temuan tersebut, dapat dinyatakan bahwa prestasi belajar matematika siswa yang dibelajarkan menggunakan model PBL dengan pendekatan Contextual Teaching and Learning berbantuan media interaktif lebih tinggi daripada prestasi belajar matematika siswa yang dibelajarkan dengan pembelajaran model PBL dengan pendekatan saintific berbantuan LKPD.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Contextual Teaching and Learning, Media Interaktif, Model PBL, Prestasi Belajar Matematika. |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Jurusan Matematika > Program Studi Pendidikan Matematika (S1) |
Depositing User: | NI PUTU ANIK LARANADI SURYA TENGGARA |
Date Deposited: | 23 Jul 2025 08:42 |
Last Modified: | 23 Jul 2025 08:42 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/25900 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |