PENGARUH PENERAPAN PENDEKATAN PENDIDIKAN MATEMATIKA REALISTIK INDONESIA BERBANTUAN E-LKPD INTERAKTIF TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 4 SAWAN

Kaini, Nisa Ayu (2025) PENGARUH PENERAPAN PENDEKATAN PENDIDIKAN MATEMATIKA REALISTIK INDONESIA BERBANTUAN E-LKPD INTERAKTIF TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 4 SAWAN. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
2113011056-COVER.pdf

Download (663kB)
[img] Text (ABSTRAK)
2113011056-ABSTRAK.pdf

Download (261kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2113011056-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (310kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2113011056-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (490kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2113011056-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (451kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2113011056-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (360kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
2113011056-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (239kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
2113011056-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (228kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
2113011056-LAMPIRAN.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan pendekatan Pendidikan matematika realistik Indonesia (PMRI) berbantuan E-LKPD interaktif terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika siswa kelas VIII. Metode yang digunakan adalah eksperimen semu dengan desain posttest-only control group. Sampel penelitian diperoleh menggunakan teknik cluster random sampling. Berdasarkan teknik tersebut, diperoleh dua kelas, yaitu kelas VIII C sebagai kelompok eksperimen yang terdiri atas 28 siswa dan kelas VIII A sebagai kelompok kontrol yang terdiri atas 32 siswa. Pengumpulan data dilakukan melalui tes uraian yang telah divalidasi dan diuji reliabilitasnya. Analisis data diawali dengan uji prasyarat berupa uji normalitas dan homogenitas, kemudian dilanjutkan dengan uji-t satu ekor pada taraf signifikansi 5%. Hasil analisis menunjukkan bahwa rata-rata skor post-test siswa pada kelas eksperimen sebesar 73,96, lebih tinggi dibandingkan kelas kontrol yang memperoleh rata-rata 69,72. Uji hipotesis pada taraf signifikansi 5% menghasilkan nilai signifikansi sebesar 0,003, di mana 0,003 < 0,05 yang berarti H0 ditolak dan H1 diterima. Hasil tersebut menunjukkan bahwa pendekatan PMRI berbantuan E-LKPD interaktif berpengaruh positif terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika siswa.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Pendidikan Matematika Realistik Indonesia, E-LKPD Interaktif, Kemampuan Pemecahan Masalah.
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
L Education > LC Special aspects of education
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Jurusan Matematika > Program Studi Pendidikan Matematika (S1)
Depositing User: Nisa Ayu Kaini
Date Deposited: 24 Jul 2025 01:44
Last Modified: 24 Jul 2025 01:44
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/25923

Actions (login required)

View Item View Item