Asih, Ni Made Astuti (2025) EVALUASI KUALITAS PELAKSANAAN KURIKULUM MERDEKA PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA DI SMP NEGERI 1 SELEMADEG BARAT. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
![]() |
Text (COVER)
2113011005-COVER.pdf Download (519kB) |
![]() |
Text (ABSTRAK)
2113011005-ABSTRAK.pdf Download (237kB) |
![]() |
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2113011005-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (284kB) |
![]() |
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2113011005-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (375kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2113011005-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (402kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2113011005-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (443kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 5 PENUTUP)
2113011005-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (227kB) | Request a copy |
![]() |
Text (DAFTAR PUSTAKA)
2113011005-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (217kB) |
![]() |
Text (LAMPIRAN)
2113011005-LAMPIRAN.pdf Download (2MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan mengevaluasi kualitas pelaksanaan Kurikulum Merdeka pada mata pelajaran matematika di SMP Negeri 1 Selemadeg Barat dengan menggunakan model evaluasi CSE-UCLA (Center for the Study of Evaluation – University of California in Los Angeles), serta mengidentifikasi kendala yang dihadapi dalam implementasinya. Penelitian ini merupakan jenis penelitian evaluatif dengan pendekatan campuran, yang menggabungkan analisis deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Subjek penelitian adalah guru matematika yang terlibat langsung dalam pelaksanaan Kurikulum Merdeka di seluruh jenjang kelas. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, studi dokumentasi, dan kuesioner yang telah melalui uji validitas isi, uji konsistensi internal, dan uji reliabilitas. Hasil pengujian menunjukkan bahwa instrumen yang digunakan valid dan reliabel untuk mengukur kualitas pelaksanaan program. Evaluasi mencakup tiga komponen utama, yaitu system assessment, program planning, dan program implementation, yang masing-masing dianalisis berdasarkan indikator yang telah ditentukan. Hasil analisis menunjukkan skor untuk variabel system assessment sebesar 26, 27, dan 26; program planning sebesar 36, 36, dan 36; serta program implementation sebesar 48, 49, dan 48. Ketiga komponen tersebut secara konsisten masuk dalam kategori “Baik.” Temuan ini juga mengungkap beberapa kendala yang dihadapi guru dalam menerapkan Kurikulum Merdeka, di antaranya keterbatasan sarana, kesiapan perangkat pembelajaran, serta pemahaman terhadap strategi pembelajaran dan penilaian. Hasil penelitian ini diharapkan dapat menjadi masukan bagi pemangku kebijakan dan pihak sekolah untuk meningkatkan kualitas pelaksanaan Kurikulum Merdeka, khususnya dalam pembelajaran matematika di tingkat SMP.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Evaluasi, Kurikulum Merdeka, Matematika, CSE-UCLA |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools L Education > LC Special aspects of education Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Jurusan Matematika > Program Studi Pendidikan Matematika (S1) |
Depositing User: | Ni Made Astuti Asih |
Date Deposited: | 24 Jul 2025 02:08 |
Last Modified: | 24 Jul 2025 02:08 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/25927 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |