PUTRI, Gst. Agung Ayu Nyoman Triesta Ari (2025) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN SIMULASI PHET TERHADAP KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA SMA. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
![]() |
Text (COVER)
2113021008-COVER.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text (ABSTRAK)
2113021008-ABSTRAK.pdf Download (266kB) |
![]() |
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2113021008-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (307kB) |
![]() |
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2113021008-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (422kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2113021008-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (556kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2113021008-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (690kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 5 PENUTUP)
2113021008-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (249kB) | Request a copy |
![]() |
Text (DAFTAR PUSTAKA)
2113021008-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (245kB) |
![]() |
Text (LAMPIRAN)
2113021008-LAMPIRAN.pdf Download (6MB) |
Abstract
Penelitian bertujuan utuk mengkaji pengaruh model pembelajaran problem based learning berbantuan simulasi PhET terhadap keterampilan berpikir kritis siswa SMA. Penelitian dilaksanakan dengan metode quasi experiment dengan desain one way pre-test post-test non-equivalent control group design. Populasi dalam penelitian ini siswa kelas XI SMA Negeri 7 Denpasar sebanyak 372 siswa. Pada penelitian ini menggunakan teknik random assignment dengan empat kelas digunakan sebagai sampel penelitian dengan total sampel yaitu 169. Data keterampilan berpikir kritis diukur dengan instrumen keterampilan berpikir kritis dengan pokok bahasan gelombang bunyi berupa tes esai sebanyak 10 soal yang memiliki reliabilitas 0,867 dan konsistensi internal butir berada pada rentang 0,61-0,77. Data dianalisis dengan uji deskriptif dan uji varians ANAKOVA satu jalur dan uji lanjut LSD dengan taraf signifikansi 0,05. Hasil uji menunjukkan bahwa H0 ditolak dan H1 diterima berdasarkan nilai signifikansi pada variabel model pembelajaran (p = 0,000) yang lebih kecil dari taraf signifikan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan secara signifikan keterampilan berpikir kritis antara model problem based learning berbantuan simulasi PhET dan model pembelajaran konvensional terhadap keterampilan berpikir kritis siswa. Hasil analisis uji hipotesis menggunakan ANAKOVA menunjukan bahwa (F = 2997,457 ; p<0,01) dan nilai R square = 0,949. Penelitian ini dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh secara signifikan model problem based learning berbantuan simulasi PhET terhadap keterampilan berpikir kritis siswa. Konsekuensinya model problem based learning berbantuan simulasi PhET dapat digunakan dalam meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | model problem based learning berbantuan PhET, model pembelajaran konvensional, keterampilan berpikir kritis |
Subjects: | L Education > L Education (General) Q Science > QC Physics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Jurusan Fisika dan Pengajaran IPA > Program Studi Pendidikan Fisika (S1) |
Depositing User: | Gst. Agung Ayu Nyoman Triesta Ari Putri |
Date Deposited: | 24 Jul 2025 02:32 |
Last Modified: | 24 Jul 2025 02:32 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/25933 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |