Evaluasi Tingkat Kepuasan Pengguna Terhadap Aplikasi M-Paspor Dengan Metode EUCS (End User Computing Satisfaction) Dan PIECES Framework

Cintiya, Dewa Ayu Deby (2025) Evaluasi Tingkat Kepuasan Pengguna Terhadap Aplikasi M-Paspor Dengan Metode EUCS (End User Computing Satisfaction) Dan PIECES Framework. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
2115091056-COVER.pdf

Download (773kB)
[img] Text (ABSTRAK)
2115091056-ABSTRAK.pdf

Download (167kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2115091056-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (227kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2115091056-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (471kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2115091056-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (483kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2115091056-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (602kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
2115091056-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (171kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
2115091056-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (181kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
2115091056-LAMPIRAN.pdf

Download (7MB)

Abstract

Aplikasi Mobile Paspor (M-Paspor) merupakan sistem yang diimpementasikan untuk meningkatkan layanan publik dalam kepengurusan layanan keimigrasian terutama paspor. Studi kasus dalam penelitian ini yaitu Kantor Imigrasi Kelas II TPI Singaraja. Selama pengimplementasiannya pengguna mengalami beberapa kendala yang mengarah pada masalah kepuasan pengguna yang perlu di evaluasi. Penelitian ini, menggunakan metode EUCS dan PIECES Framework, tujuan penelitian yaitu mengetahui pengaruh, mengukur kepuasan pengguna, dan memberikan rekomendasi perbaikan berdasarkan setiap variabel EUCS dan PIECES Framework. Populasi penelitian menggunakan data permohonan paspor di Kantor Imigrasi Kelas II TPI Singaraja periode Januari 2022 – Agustus 2024 yang berjumlah 21.256 pemohon dengan sampel penelitian sebesar 100 pengguna. Hasil penelitian menunjukkan bahwa berdasarkan uji F seluruh variabel metode EUCS dan PIECES berpengaruh signifikan terhadap kepuasan pengguna. Berdasarkan uji t variabel format, ease of use, timeliness, information and data, economic, efficiency dan service berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan pengguna, kemudian variabel content, accuracy, performance dan control and security tidak berpengaruh signifikan. Nilai rata-rata kepuasan pengguna Aplikasi M-Paspor pada seluruh variabel EUCS dan PIECES framework sebesar 4,18. Adapun nilai rata-rata kepuasan variabel content 4,40, variabel accuracy 4,12, variabel format 4,10, variabel ease of use 4,03, variabel timeliness 4,16, variabel performance 4,18, variabel information and data 4,03, variabel economic 4,19, variabel control and security 4,22, variabel efficiency 4,07 dan variabel service 4,2. Adapun rekomendasi perbaikan yang disarankan meningkatkan kelengkapan informasi dengan memanfaatkan media grafis, memperkuat literasi digital, penyempurnaan kinerja aplikasi, meningkatkan tampilan antarmuka aplikasi, melengkapi fitur yang dibutuhkan pengguna, melakukan kolaborasi dengan lembaga terkait, menambahkan fitur bantuan langsung, pembaruan sistem pembayaran dan kejelasan sistem perlindungan data pengguna.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: m-paspor, kepuasan pengguna, EUCS, PIECES Framework
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Teknik dan Kejuruan > Jurusan Teknik Informatika > Program Studi Sistem Informasi (S1)
Depositing User: Dewa Ayu Deby Cintiya
Date Deposited: 24 Jul 2025 00:12
Last Modified: 24 Jul 2025 00:12
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/25939

Actions (login required)

View Item View Item