PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN NUMBERED HEAD TOGETHER BERBANTUAN CLASSPOINT TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 1 SAWAN

Lestari, Ni Kadek Yunita (2025) PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN NUMBERED HEAD TOGETHER BERBANTUAN CLASSPOINT TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 1 SAWAN. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
2113011038-COVER.pdf

Download (773kB)
[img] Text (ABSTRAK)
2113011038-ABSTRAK.pdf

Download (305kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2113011038-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (361kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2113011038-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (606kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2113011038-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (503kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2113011038-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (415kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
2113011038-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (285kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
2113011038-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (251kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
2113011038-LAMPIRAN.pdf

Download (2MB)

Abstract

Kemampuan pemahaman konsep merupakan dasar penting dalam pembelajaran matematika. Namun kenyataannya, kemampuan siswa dalam memahami konsep matematika masih tergolong rendah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Numbered Head Together berbantuan Classpoint terhadap kemampuan pemahaman konsep matematika siswa kelas VIII. Metode penelitian yang digunakan adalah eksperimen semu dengan desain posttest-only control group. Sampel penelitian diperoleh melalui teknik cluster random sampling menghasilkan 2 kelas, yaitu kelas VIII A8 sebagai kelas eksperimen yang terdiri dari 35 siswa dan kelas VIII A6 sebagai kelompok kontrol yang terdiri dari 34 siswa. Instrumen pengumpulan data menggunakan tes uraian yang telah melalui proses validasi dan uji reliabilitas dengan nilai r sebesar 0,766. Uji hipotesis menggunakan uji t satu ekor dengan taraf signifikansi 5%. Uji prasyarat meliputi uji normalitas dan uji homogenitas. Hasil statistik deskriptif diperoleh rata-rata skor post-test kelas eksperimen sebesar 77,11 dan kelas kontrol sebesar 70,12. Hasil uji hipotesis menghasilkan nilai signifikansi 0,012 di mana 0,012 < 0,05. Dengan demikian, H0 ditolak dan H1 diterima. Hal ini menunjukkan bahwa model NHT berbantuan ClassPoint berpengaruh positif terhadap kemampuan pemahaman konsep matematika siswa.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Numbered Head Together, Classpoint, Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
L Education > LC Special aspects of education
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Jurusan Matematika > Program Studi Pendidikan Matematika (S1)
Depositing User: Ni Kadek Yunita Lestari
Date Deposited: 24 Jul 2025 03:34
Last Modified: 24 Jul 2025 03:34
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/25947

Actions (login required)

View Item View Item