Pratama, I Putu Mas Yuda (2025) EVALUASI TINGKAT KEPUASAN PENGGUNA AKHIR PADA APLIKASI RAMERAME BY COOP PERTIWI MENGGUNAKAN METODE END USER COMPUTING SATISFACTION (EUCS). Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
![]() |
Text (COVER)
2115091015-COVER.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text (ABSTRAK)
2115091015-ABSTRAK.pdf Download (227kB) |
![]() |
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2115091015-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (257kB) |
![]() |
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2115091015-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (686kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2115091015-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (563kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2115091015-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (968kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 5 PENUTUP)
2115091015-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (205kB) | Request a copy |
![]() |
Text (DAFTAR PUSTAKA)
2115091015-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (193kB) |
![]() |
Text (LAMPIRAN)
2115091015-LAMPIRAN.pdf Download (11MB) |
Abstract
Aplikasi RameRame by Coop Pertiwi merupakan aplikasi yang dikembangkan PT Ganeshcom Mitra Solusi Digital. Aplikasi ini mendukung dalam melakukan transaksi, simpan pinjam hingga kolaborasi usaha. Namun informasi yang diperoleh melalui observasi, survei serta wawancara yang dilaksanakan terdapat permasalahan yang dialami pengguna mengenai aplikasi dan disisi lainnya belum teridentifikasi tingkat kepuasan yang dirasa pengguna aplikasi. Dengan demikian penelitian bertujuan untuk mengetahui tingkat keberhasilan implementasi aplikasi RameRame by Coop Pertiwi dari perspektif pengguna menggunakan pendekatan End User Computing Satisfaction (EUCS) dikarenakan kepuasan pengguna dapat menjadi faktor penting yang dapat memberikan gambaran terhadap kesuksesan berjalannya aplikasi. Pengambilan sampel digunakan teknik purposive sampling didasarkan seluruh pengguna aplikasi dengan jumlah sampel yang didapat sebanyak 81 responden. Data dikumpulkan melalui penyebaran kuesioner kepada pengguna aktif aplikasi RameRame by Coop Pertiwi yang berada di Kota Denpasar. Hasil penelitian didapati bahwa tingkat kepuasan pengguna pada aplikasi RameRame by Coop Pertiwi secara keseluruhan memiliki nilai rata-rata sebanyak 3,74 dan pada setiap variabel seperti Content 3,91, Accuracy 3,58, Format 4,09, Ease of Use 3,81, dan Timeliness 3,32. Dari hasil nilai rata-rata keseluruhan berada pada kategori puas. Adapun pengaruh dari setiap variabel EUCS pada Content, Accuracy, dan Timeliness berpengaruh secara signifikan disisi lainnya pada Format dan Ease of Use tidak berpengaruh signifikan. Meskipun kepuasan berada pada tingkat puas tetapi masih terdapat beberapa responden yang menyatakan belum puas. Dengan demikian rekomendasi perbaikan yang diberikan meliputi penyesuaian konten, meningkatkan keakuratan setiap layanan, meningkatkan konsistensi layout pada setiap layanan, meningkatkan kemudahan saat aplikasi digunakan, dan mengutamakan kecepatan respon aplikasi RameRame by Coop Pertiwi.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Evaluasi, Tingkat Kepuasan Pengguna Akhir, Aplikasi RameRame by Coop Pertiwi, End User Computing Satisfaction (EUCS) |
Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) Q Science > QA Mathematics > QA76 Computer software T Technology > T Technology (General) |
Divisions: | Fakultas Teknik dan Kejuruan > Jurusan Teknik Informatika > Program Studi Sistem Informasi (S1) |
Depositing User: | I Putu Mas Yuda Pratama |
Date Deposited: | 24 Jul 2025 06:41 |
Last Modified: | 24 Jul 2025 06:41 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/25974 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |