Pratama, I Gede Rian Krisna (2025) Asesmen Pembelajaran Bahasa Jepang Berbasis Kurikulum Merdeka di SMAN 4 Singaraja. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
![]() |
Text (COVER)
2112061041-COVER.pdf Download (945kB) |
![]() |
Text (ABSTRAK)
2112061041-ABSTRAK.pdf Download (673kB) |
![]() |
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2112061041-BAB I PENDAHULUAN.pdf Download (346kB) |
![]() |
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2112061041-BAB II KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (408kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2112061041-BAB III METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (223kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2112061041-BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 5 PENUTUP)
2112061041-BAB V PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (181kB) | Request a copy |
![]() |
Text (DAFTAR PUSTAKA)
2112061041-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (235kB) |
![]() |
Text (LAMPIRAN)
2112061041-LAMPIRAN.pdf Download (2MB) |
![]() |
Text
2112061041-COVER.pdf Download (926kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan jenis asesmen yang digunakan pada Kurikulum Merdeka untuk Bahasa Jepang di SMAN 4 Singaraja serta, (2) mengidentifikasi kendala yang dihadapi pada implementasi asesmen dalam Kurikulum Merdeka. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data berupa observasi, dan wawancara. Subjek penelitian adalah guru mata pelajaran Bahasa Jepang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Pelajaran Bahasa Jepang di SMAN 4 Singaraja menggunakan tiga jenis asesmen: diagnostik, formatif, dan sumatif. Asesmen diagnostik dilaksanakan di awal pembelajaran untuk mengetahui kesiapan siswa, kemudian dilanjutkan dengan asesmen formatif selama proses pembelajaran, dan diakhiri dengan asesmen sumatif untuk mengukur pencapaian belajar siswa. Ketiga asesmen ini dilaksanakan berdasarkan prinsip Kurikulum Merdeka. (2) Adapun kendala dalam pelaksanaan asesmen meliputi keberagaman karakteristik peserta didik, keterbatasan waktu, dan keterbatasan pada bahan ajar atau buku teks yang digunakan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | asesmen1, kurikulum merdeka2, Bahasa Jepang3, pelaksanaan asesmen4. |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LC Special aspects of education |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Jurusan Bahasa Asing > Program Studi Pendidikan Bahasa Jepang (S1) |
Depositing User: | I Gede Rian Krisna Pratama |
Date Deposited: | 25 Jul 2025 06:02 |
Last Modified: | 25 Jul 2025 06:02 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/25988 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |