Asesmen Pembelajaran Bahasa Jepang Berbasis Kurikulum Merdeka di SMAN 4 Singaraja

Pratama, I Gede Rian Krisna (2025) Asesmen Pembelajaran Bahasa Jepang Berbasis Kurikulum Merdeka di SMAN 4 Singaraja. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
2112061041-COVER.pdf

Download (945kB)
[img] Text (ABSTRAK)
2112061041-ABSTRAK.pdf

Download (673kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2112061041-BAB I PENDAHULUAN.pdf

Download (346kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2112061041-BAB II KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (408kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2112061041-BAB III METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (223kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2112061041-BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
2112061041-BAB V PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (181kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
2112061041-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (235kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
2112061041-LAMPIRAN.pdf

Download (2MB)
[img] Text
2112061041-COVER.pdf

Download (926kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan jenis asesmen yang digunakan pada Kurikulum Merdeka untuk Bahasa Jepang di SMAN 4 Singaraja serta, (2) mengidentifikasi kendala yang dihadapi pada implementasi asesmen dalam Kurikulum Merdeka. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data berupa observasi, dan wawancara. Subjek penelitian adalah guru mata pelajaran Bahasa Jepang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Pelajaran Bahasa Jepang di SMAN 4 Singaraja menggunakan tiga jenis asesmen: diagnostik, formatif, dan sumatif. Asesmen diagnostik dilaksanakan di awal pembelajaran untuk mengetahui kesiapan siswa, kemudian dilanjutkan dengan asesmen formatif selama proses pembelajaran, dan diakhiri dengan asesmen sumatif untuk mengukur pencapaian belajar siswa. Ketiga asesmen ini dilaksanakan berdasarkan prinsip Kurikulum Merdeka. (2) Adapun kendala dalam pelaksanaan asesmen meliputi keberagaman karakteristik peserta didik, keterbatasan waktu, dan keterbatasan pada bahan ajar atau buku teks yang digunakan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: asesmen1, kurikulum merdeka2, Bahasa Jepang3, pelaksanaan asesmen4.
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Jurusan Bahasa Asing > Program Studi Pendidikan Bahasa Jepang (S1)
Depositing User: I Gede Rian Krisna Pratama
Date Deposited: 25 Jul 2025 06:02
Last Modified: 25 Jul 2025 06:02
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/25988

Actions (login required)

View Item View Item