ANALISIS PENGARUH KOMBINASI PANJANG KAMPAS GANDA DENGAN DIAMETER PEGAS SENTRIFUGAL TERHADAP PERFORMANSI MESIN KENDARAAN DENGAN SISTEM TRANSMISI CVT

Hawandi, Masharlin (2025) ANALISIS PENGARUH KOMBINASI PANJANG KAMPAS GANDA DENGAN DIAMETER PEGAS SENTRIFUGAL TERHADAP PERFORMANSI MESIN KENDARAAN DENGAN SISTEM TRANSMISI CVT. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
2115071004-COVER.pdf

Download (870kB)
[img] Text (ABSTRAK)
2115071004-ABSTRAK.pdf

Download (287kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2115071004-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (361kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2115071004-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2115071004-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2115071004-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (614kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
2115071004-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (290kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
2115071004-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (256kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
2115071004-LAMPIRAN.pdf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh kombinasi panjang kampas ganda dan diameter pegas sentrifugal terhadap performansi mesin kendaraan, khususnya pada sepeda motor dengan sistem transmisi Continuously Variable Transmission (CVT). Penelitian dilakukan menggunakan metode eksperimen dengan objek sepeda motor Honda Vario FI 110 tahun 2013, yang telah melewati usia pakai 10 tahun. Variasi panjang kampas ganda yang digunakan adalah 25 mm (standar), 39 mm, dan 55 mm. Sementara itu, variasi diameter pegas sentrifugal adalah 10 mm, 11 mm (standar), dan 12 mm. Parameter performansi yang diuji meliputi torsi, daya, dan konsumsi bahan bakar, dengan pengujian dilakukan pada rentang putaran mesin 2000–5000 rpm. Pengukuran torsi dan daya menggunakan alat dynotest, sedangkan konsumsi bahan bakar diukur menggunakan gelas ukur dan stopwatch. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kombinasi panjang kampas ganda 55 mm dan diameter pegas sentrifugal 12 mm memberikan peningkatan torsi dan daya yang paling signifikan dibandingkan dengan kondisi standar, serta menurunkan konsumsi bahan bakar pada sebagian besar rentang putaran mesin. Penelitian ini menyimpulkan bahwa kombinasi variasi kampas ganda dan pegas sentrifugal yang tepat dapat meningkatkan performansi mesin kendaraan CVT, dan dapat dijadikan referensi dalam upaya pengembalian performansi kendaraan dengan usia pakai tinggi.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: kampas ganda, pegas sentrifugal, CVT, torsi, daya, konsumsi bahan bakar
Subjects: T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery
Divisions: Fakultas Teknik dan Kejuruan > Jurusan Teknologi Industri > Program Studi Pendidikan Teknik Mesin (S1)
Depositing User: Masharlin Hawandi
Date Deposited: 25 Jul 2025 05:53
Last Modified: 25 Jul 2025 05:53
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/25998

Actions (login required)

View Item View Item