Hawandi, Masharlin (2025) ANALISIS PENGARUH KOMBINASI PANJANG KAMPAS GANDA DENGAN DIAMETER PEGAS SENTRIFUGAL TERHADAP PERFORMANSI MESIN KENDARAAN DENGAN SISTEM TRANSMISI CVT. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
![]() |
Text (COVER)
2115071004-COVER.pdf Download (870kB) |
![]() |
Text (ABSTRAK)
2115071004-ABSTRAK.pdf Download (287kB) |
![]() |
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2115071004-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (361kB) |
![]() |
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2115071004-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2115071004-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2115071004-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (614kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 5 PENUTUP)
2115071004-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (290kB) | Request a copy |
![]() |
Text (DAFTAR PUSTAKA)
2115071004-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (256kB) |
![]() |
Text (LAMPIRAN)
2115071004-LAMPIRAN.pdf Download (3MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh kombinasi panjang kampas ganda dan diameter pegas sentrifugal terhadap performansi mesin kendaraan, khususnya pada sepeda motor dengan sistem transmisi Continuously Variable Transmission (CVT). Penelitian dilakukan menggunakan metode eksperimen dengan objek sepeda motor Honda Vario FI 110 tahun 2013, yang telah melewati usia pakai 10 tahun. Variasi panjang kampas ganda yang digunakan adalah 25 mm (standar), 39 mm, dan 55 mm. Sementara itu, variasi diameter pegas sentrifugal adalah 10 mm, 11 mm (standar), dan 12 mm. Parameter performansi yang diuji meliputi torsi, daya, dan konsumsi bahan bakar, dengan pengujian dilakukan pada rentang putaran mesin 2000–5000 rpm. Pengukuran torsi dan daya menggunakan alat dynotest, sedangkan konsumsi bahan bakar diukur menggunakan gelas ukur dan stopwatch. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kombinasi panjang kampas ganda 55 mm dan diameter pegas sentrifugal 12 mm memberikan peningkatan torsi dan daya yang paling signifikan dibandingkan dengan kondisi standar, serta menurunkan konsumsi bahan bakar pada sebagian besar rentang putaran mesin. Penelitian ini menyimpulkan bahwa kombinasi variasi kampas ganda dan pegas sentrifugal yang tepat dapat meningkatkan performansi mesin kendaraan CVT, dan dapat dijadikan referensi dalam upaya pengembalian performansi kendaraan dengan usia pakai tinggi.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | kampas ganda, pegas sentrifugal, CVT, torsi, daya, konsumsi bahan bakar |
Subjects: | T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery |
Divisions: | Fakultas Teknik dan Kejuruan > Jurusan Teknologi Industri > Program Studi Pendidikan Teknik Mesin (S1) |
Depositing User: | Masharlin Hawandi |
Date Deposited: | 25 Jul 2025 05:53 |
Last Modified: | 25 Jul 2025 05:53 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/25998 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |