Abdurrahim, Habib (2025) POLA INTERAKSI PEDAGANG HINDU DAN ISLAM DI KECAMATAN SERIRIT BULELENG SERTA POTENSINYA SEBAGAI SUMBER BELAJAR SOSIOLOGI DI SMA. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
![]() |
Text (COVER)
1814091027-COVER.pdf Download (460kB) |
![]() |
Text (ABSTRAK)
1814091027-ABSTRAK.pdf Download (28kB) |
![]() |
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1814091027-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (91kB) |
![]() |
Text (BAB 2 KAJIAN PUSTAKA)
1814091027-BAB 2 KAJIAN PUSTAKA.pdf Restricted to Repository staff only Download (227kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 3 METODE PENELITIAN)
1814091027-BAB 3 METODE PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (180kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1814091027-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 5 PENUTUP)
1814091027-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (35kB) | Request a copy |
![]() |
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1814091027-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (154kB) |
![]() |
Text (LAMPIRAN)
1814091027-LAMPIRAN.pdf Download (1MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pola interaksi sosial antara pedagang Hindu dan Islam di Kecamatan Seririt, Kabupaten Buleleng, serta menganalisis potensinya sebagai sumber belajar sosiologi ditingkat Sekolah Menengah Atas (SMA). Penelitian ini menggunakan triangulasi data berupa wawancara dan pendekatan kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara mendalam, dan studi dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pola interaksi antara pedagang Hindu dan Islam didominasi oleh pola kerja sama (assosiatif) dalam bentuk kerjasama, akomodasi, akulturasi, asimilasi berupa gotong royong, saling membantu dalam kegiatan perdagangan, dan sikap toleransi yang tinggi. Tantangan yang dihadapi pedagang tunggakan iuran, pelanggaran peraturan pasar, kondisi jalan yang kurang nyaman. Dimana konflik yang terjadi bersifat laten dan jarang muncul ke permukaan karena adanya nilai-nilai kearifan lokal dan norma sosial yang kuat. Aspek interaksi pedagang yang dapat menjadi sumber belajar sosiologi di SMA. Potensi hasil penelitian ini sebagai sumber belajar sosiologi sangat tinggi, khususnya pada materi interaksi sosial, nilai dan norma, serta integrasi sosial. Pengalaman nyata dari masyarakat lokal dapat diintegrasikan dalam pembelajaran berbasis kontekstual untuk meningkatkan pemahaman dan empati sosial siswa.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Interaksi Sosial, Pedagang, Sumber Belajar |
Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) H Social Sciences > HM Sociology H Social Sciences > HT Communities. Classes. Races L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Hukum dan Ilmu Sosial > Jurusan Sejarah Sosiologi dan Perpustakaan > Program Studi Pendidikan Sosiologi (S1) |
Depositing User: | HABIB ABDURRAHIM |
Date Deposited: | 31 Jul 2025 06:22 |
Last Modified: | 31 Jul 2025 06:22 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/26008 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |