Pratisthaya, Arya Bagas (2020) PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA SISWA (LKS) BERBASIS MODEL PREDICT OBSERVE EXPLAIN (POE) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATERI PENCEMARAN LINGKUNGAN KELAS X DI SMA NEGERI 1 SINGARAJA. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1613041026-COVER.pdf Download (731kB) |
|
Text (ABSTRAK)
1613021026-ABSTRAK.pdf Download (279kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1613041026-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (187kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1613041026-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (379kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1613041026-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (497kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1613041026-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (873kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1613041026-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (167kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1613041026-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (290kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1613041026-LAMPIRAN.pdf Download (5MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangakan dan mendeskripsikan karakteristik LKS berbasis model POE pada pembelajaran Biologi pokok bahasan pencemaran lingkungan serta keefektifan dalam penerapannya di SMA N 1 Singaraja. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (research and development) dengan model ADDIE (analyze, design, develop, implementation, evaluation). Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X MIPA 1 SMA N 1 Singaraja dengan jumlah 32 siswa. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar validasi ahli, angket respon pendidik dan respon siswa, serta tes hasil belajar biologi yang terdiri dari soal objektif. Teknik analisis data dilakukan dengan menganalisis secara deskriptif hasil penilaian dari uji hasil isi, ahli desain, guru biologi, dan uji kelompok besar yang dikumpulkan dalam bentuk angket. Keefektifan produk yang dikembangkan diperoleh dengan data skor tes siswa yang memenuhi ketuntasan klasikal yaitu >75% dari seluruh siswa mendapatkan skor lebih besar atau sama dengan Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM). Berdasarkan hasil analisis data validasi dari kedua ahli, Lembar Kerja Siswa (LKS) berbasis model pembelajaran Predict, Obsereve, and Explain (POE) telah masuk dalam kategori layak digunakan dengan persentase 73,33% dari ahli materi dan 79,7% dari ahli media. Berdasarkan hasil respon pendidik dan siswa, penilaian yang dicapai rata-rata adalah menarik dengan presentase sebesar 78,03% dan rerata presentase dari respon siswa sebesar 91,91%. Analisis data hasil belajar siswa secara keseluruhan dengan perhitungan ketuntasan belajar klasikal diperoleh persentase kelulusan sebesar 100% yang tergolong dalam kategori sangat tinggi. Berdasarkan hasil analisis data dapat disimpulkan bahwa LKS berbasis model POE dinyatakan layak, efektif, dan mendapat respon menarik dari penggunanya sehingga dapat diterapkan dalam pembelajaran biologi.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Lembar Kerja Siswa, Model POE, Hasil Belajar. |
Subjects: | L Education > LT Textbooks |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Jurusan Biologi dan Perikanan Kelautan > Program Studi Pendidikan Biologi (S1) |
Depositing User: | Arya Bagas Pratisthaya |
Date Deposited: | 28 Jul 2020 03:31 |
Last Modified: | 28 Jul 2020 03:31 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/2601 |
Actions (login required)
View Item |