Silva, Endrycho Putra Da (2025) THE IMPLEMENTATION OF ENGLISH TEACHING IN AN INCLUSIVE CLASSROOM CONTEXT TO INTELLECTUAL DISABILITY STUDENTS AT SD TRIAMERTA SINGARAJA. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
![]() |
Text (COVER)
21125021109-COVER.pdf Download (4MB) |
![]() |
Text (ABSTRAK)
21125021109-ABSTRAK.pdf Download (204kB) |
![]() |
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2112021109-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (273kB) |
![]() |
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2112021109-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (276kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2112021109-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (350kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2112021109-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (852kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 5 PENUTUP)
2112021109-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (189kB) | Request a copy |
![]() |
Text (DAFTAR PUSTAKA)
2112021109-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (230kB) |
![]() |
Text (LAMPIRAN)
2112021109-LAMPIRAN.pdf Download (954kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menyelidiki prosedur, tantangan dan strategi untuk mengatasi tantangan di kelas inklusif di SD Triamerta Singaraja. Penelitian ini menggunakan studi kasus siswa kelas 2 dengan menggunakan desain penelitian deskriptif-kualitatif. Subjek penelitian ini adalah seorang guru bahasa Inggris yang mengajar di kelas 2B yang mencakup siswa disabilitas intelektual. Secara berurutan, data dikumpulkan menggunakan 3 instrumen yaitu observation sheet, observation checklist, dan interview guide. Data yang diperoleh menggunakan model empat analisis kualitatif yang disajikan oleh Mezmir (2020). Hasil penelitian menunjukkan bahwa prosedur pengajaran bahasa Inggris untuk siswa penyandang disabilitas intelektual berbeda dengan siswa normal lainnya. Dalam pembelajaran bahasa Inggris, guru pendamping membimbing siswa penyandang disabilitas intelektual secara bertahap dalam kelompok yang terpisah dari siswa normal lainnya. Prosedur ini dapat membantu siswa penyandang disabilitas intelektual untuk lebih mudah berpartisipasi dalam pembelajaran karena mereka dibimbing langsung oleh guru pendamping. Selama proses pengajaran, beberapa tantangan teridentifikasi, seperti kesulitan stabilitas emosional siswa. Guru juga menghadapi tantangan dalam memproses pelajaran bagi siswa penyandang disabilitas intelektual. Strategi yang digunakan guru untuk mengatasi tantangan ini meliputi antara lain pengaturan lingkungan kelas di mana guru membuat kelompok kecil yang berisikan siswa penyandang disabilitas intelektual untuk mengoptimalkan bimbingan bagi mereka., penyesuaian pendekatan, pengulangan dan refleksi. Penelitian ini membantu memberikan implikasi praktis bagi guru untuk mengetahui bagaimana proses pembelajaran Bahasa Inggris dapat diadaptasi di kelas inklusif, serta bagaimana guru menghadapi tantangan dan menerapkan strategi yang tepat bagi siswa penyandang disabilitas intelektual.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Implementasi pengajaran, pembelajaran bahasa Inggris, kelas inklusif, pendidikan kebutuhan khusus, tunagrahita. |
Subjects: | L Education > L Education (General) P Language and Literature > PE English |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Jurusan Bahasa Asing > Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris (S1) |
Depositing User: | Endrycho Putra Da Silva |
Date Deposited: | 25 Jul 2025 08:27 |
Last Modified: | 25 Jul 2025 08:27 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/26035 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |