THE IMPLEMENTATION OF ENGLISH TEACHING FOR STUDENTS WITH READING DISABILITY IN AN INCLUSIVE CLASSROOM CONTEXT AT SMP NEGERI 1 BEBANDEM

Wijayanti, Ni Luh Eka Ciptarini (2025) THE IMPLEMENTATION OF ENGLISH TEACHING FOR STUDENTS WITH READING DISABILITY IN AN INCLUSIVE CLASSROOM CONTEXT AT SMP NEGERI 1 BEBANDEM. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
2112021095-COVER.pdf

Download (5MB)
[img] Text (ABSTRAK)
2112021095-ABSTRAK.pdf

Download (249kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2112021095-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (326kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2112021095-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (313kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2112021095-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (387kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2112021095-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (796kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
2112021095-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (212kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
2112021095-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (268kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
2112021095-LAMPIRAN.pdf

Download (22MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menyelidiki implementasi pengajaran Bahasa Inggris bagi siswa dengan disabilitas membaca dalam konteks inklusif di SMP Negeri 1 Bebandem. Penelitian ini menggunakan desain studi kasus untuk mengidentifikasi prosedur pengajaran Bahasa Inggris, tantangan yang dihadapi guru, serta strategi yang digunakan oleh guru dalam mengatasi tantangan tersebut saat mengajar siswa dengan disabilitas membaca. Subjek dalam penelitian ini adalah seorang guru Bahasa Inggris yang mengajar di kelas 8A, yang di dalamnya terdapat siswa dengan disabilitas membaca. Data dikumpulkan melalui observasi kelas dan wawancara mendalam dengan guru Bahasa Inggris. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan Model Analisis Data Kualitatif Interaktif dari Miles dan Huberman seta metode analisis Tematik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa prosedur pengajaran Bahasa Inggris untuk siswa dengan disabilitas membaca menekankan pada perhatian yang lebih besar dan pendampingan secara individual dibandingkan dengan siswa reguler. Selain itu, strategi-strategi khusus juga diterapkan untuk membantu meningkatkan kemampuan membaca serta kepercayaan diri siswa dengan disabilitas membaca. Selama proses pembelajaran, beberapa tantangan utama diidentifikasi, antara lain menghadapi seorang siswa dengan disabilitas membaca, mengajar siswa dengan jumlah yang banyak, dan mengajar dengan kurangnya fasilitas. Selain itu, strategi yang digunakan guru untuk mengatasi tantangan tersebut meliputi: metode dwi bahasa, membaca nyaring, membaca berulang, penguatan positif, dan pembelajaran Bahasa berbasis perangkat seluler. Penelitian ini berkontribusi pada pemahaman teoretis mengenai pengajaran Bahasa Inggris bagi siswa dengan kesulitan membaca dalam konteks pembelajaran inklusif, serta memberikan wawasan praktis bagi guru dalam menerapkan strategi yang efektif untuk mengatasi tantangan pembelajaran di kelas yang beragam.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Pengajaran Bahasa Inggris, Disabilitas Membaca, Kelas Inklusif
Subjects: L Education > L Education (General)
P Language and Literature > PE English
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Jurusan Bahasa Asing > Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris (S1)
Depositing User: Ni Luh Eka Ciptarini Wijayanti
Date Deposited: 25 Jul 2025 03:53
Last Modified: 25 Jul 2025 03:53
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/26036

Actions (login required)

View Item View Item