RANCANG BANGUN KONTROL KECEPATAN MOTOR UNIVERSAL UNTUK SISTEM PENGGERAK MOTOR LISTRIK TENAGA SURYA PADA PERAHU NELAYAN

AMNESTIYODA, I GEDE ANTHOZ (2025) RANCANG BANGUN KONTROL KECEPATAN MOTOR UNIVERSAL UNTUK SISTEM PENGGERAK MOTOR LISTRIK TENAGA SURYA PADA PERAHU NELAYAN. Diploma thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
2255023001-COVER.pdf

Download (873kB)
[img] Text (ABSTRAK)
2255023001-ABSTRAK.pdf

Download (167kB)
[img] Text (BAB I PENDAHULUAN)
2255023001-BAB I PENDAHULUAN.pdf

Download (96kB)
[img] Text (BAB II KAJIAN TEORI)
2255023001-BAB II KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (463kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III METODE PENELITIAN)
2255023001-BAB III METODE PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (430kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN)
2255023001-BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB V PENUTUP)
2255023001-BAB V PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (28kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
2255023001-DAFTAR PUSSTAKA.pdf

Download (144kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
2255023001-LAMPIRAN.pdf

Download (686kB)

Abstract

Untuk mengatasi biaya operasional nelayan akibat fluktuasi kenaikan bahan bakar maka para nelayan beralih menggunakan motor listrik sebagai tenaga penggerak perahu menggantikan motor bakar bensin. Dalam pemakaian motor listrik dibutuhkan pengaturan kecepatan untuk mengatur laju gerak perahu. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan alat pengatur kecepatan motor listrik tipe universal dengan memanfaatkan sumber energi terbarukan. Metode penelitian ini menggunakan kontrol sudut fasa (fasa angle control) untuk mengatur tegangan terminal motor secara variable. Hasil pengujian alat ini dengan beban resistif dan beban induktif dapat diperoleh tegangan variabel dari 0 Volt- 223 Volt dengan variasi sudut fasa dari 0o -1710. Respon tegangan keluaran pada beban resistif memiliki bentuk lebih linier dibandingkan dengan beban induktif. Pengaturan kecepatan motor listrik universal dengan kontrol sudut fasa dapat diperoleh rentang kecepatan maksimum 8565 rpm. Linieritas kecepatan motor universal terhadap tegangan keluaran berada pada rentang 36 Volt – 188 Volt. Kesimpulan dari penelitian ini adalah rancangan kontrol motor universal dengan metode kontrol sudut fasa mampu menghasilkan kecepatan yang variabel. Dengan perhitungan nilai Root Mean Squared Error (RMSE) sebesar 24,12% yang dapat di artikan keakuratan dari alat ini sudah baik. Kontribusi dari alat kontrol kecepatan ini dapat diimplementasikan dalam penerapan teknologi terbarukan khususnya dalam pengaturan kecepatan motor listrik universal. Kata Kunci: Motor Listrik, Perahu Nelayan, Solar Panel

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Motor Listrik, Perahu Nelayan, Solar Panel
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Teknik dan Kejuruan > Jurusan Teknologi Industri > Program Studi Teknologi Rekayasa Sistem Elektronika (D4)
Depositing User: I GEDE ANTHOZ AMNESTIYODA
Date Deposited: 27 Jul 2025 14:08
Last Modified: 27 Jul 2025 14:08
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/26106

Actions (login required)

View Item View Item