Wijaya, Ni Putu Dian Amhira (2025) PENGEMBANGAN VIDEO ANIMASI BERBASIS ETNOMATEMATIKA PADA MATERI GEOMETRI UNTUK MENINGKATKAN LITERASI MATEMATIKA DAN RESILIENSI BELAJAR SISWA KELAS II SEKOLAH DASAR. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
![]() |
Text (COVER)
2111031069-COVER.pdf Download (4MB) |
![]() |
Text (ABSTRAK)
2111031069-ABSTRAK.pdf Download (239kB) |
![]() |
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2111031069-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (355kB) |
![]() |
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2111031069-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (458kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2111031069-BAB BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (532kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2111031069-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (4MB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 5 PENUTUP)
2111031069-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (178kB) | Request a copy |
![]() |
Text (DAFTAR PUSTAKA)
2111031069-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (212kB) |
![]() |
Text (LAMPIRAN)
2111031069-LAMPIRAN.pdf Download (3MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan mendeskripsikan rancang bangun video animasi berbasis etnomatematika pada materi geometri untuk meningkatkan literasi matematika dan resiliensi belajar siswa kelas II Sekolah Dasar, (2) mengetahui validitas video animasi berbasis etnomatematika pada materi geometri siswa kelas II Sekolah Dasar, (3) mengetahui kepraktisan video animasi berbasis etnomatematika pada materi geometri siswa kelas II Sekolah Dasar, dan (4) mengetahui efektifitas video animasi berbasis etnomatematika pada materi geometri terhadap literasi matematika dan resiliensi belajar siswa kelas II Sekolah Dasar. Penelitian ini adalah penelitian pengembangan yang menggunakan model ADDIE. Metode pengumpulan data menggunakan tes pilihan ganda, kuisioner, dan teknik analisis data deskriptif kualitatif, deksriptif kuantitatif, dan statistik inferensial. Hasil penelitian adalah (1) Rancang bangun video animasi berbasis etnomatematika adalah sebuah media softcopy berupa link yang dapat diakses melalui perangkat smartphone atau laptop. (2) Kualitas isi video animasi berbasis etnomatematika menunjukkan hasil penilaian isi materi pembelajaran sebesar 0,93 (sangat baik), uji ahli media pembelajaran sebesar 0,93 (sangat baik), uji kepraktisan guru sebesar 89% (sangat baik), dan uji kepraktisan siswa 89% (sangat baik). (3) Berdasarkan hasil uji-t berkorelasi pada literasi matematika dan resiliensi belajar diperoleh nilai sig (2-tailed) 0,000. Hasil tersebut menunjukan bahwa nilai signifikansi lebih rendah/kecil dari 0,05 (taraf signifikansi 5%) atau p < 0,05, sehingga, H0 ditolak dan H1 diterima. Dengan demikian, hasil penelitian ini menunjukkan bahwa video animasi berbasis etnomatematika pada materi geometri dinyatakan efektif digunakan dalam meningkatkan literasi matematika dan resiliensi belajar siswa kelas II Sekolah Dasar.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pengembangan, Video Animasi, Etnomatematika, Geometri, Literasi Matematika, Resiliensi Belajar |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | Ni Putu Dian Amhira Wijaya |
Date Deposited: | 27 Jul 2025 00:38 |
Last Modified: | 27 Jul 2025 00:38 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/26131 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |