PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBER HEAD TOGETHER (NHT) TERHADAP SELF EFFICACY DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR NEGERI 3 MAMBEN

GAZALI, GAZALI (2025) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBER HEAD TOGETHER (NHT) TERHADAP SELF EFFICACY DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR NEGERI 3 MAMBEN. Masters thesis, UNIVERSITAS PENDIDIKAN GANESHA.

[img] Text (COVER)
2229041070-COVER.pdf

Download (2MB)
[img] Text (ABSTRAK)
2229041070-ABSTRAK.pdf

Download (848kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2229041070-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (2MB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2229041070-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (7MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2229041070-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2229041070-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
2229041070-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
2229041070-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB)
[img] Text (LAMPIRAN)
2229041070-LAMPIRAN.pdf

Download (18MB)

Abstract

ABSTRAK Gazali, (2025), pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe number head together (NHT) terhadap self efficacy dan hasil belajar matematika siswa kelas IV Sekolah Dasar. Tesis, Pendidikan Dasar, Program Pascasarjana, Universitas Pendidikan Ganesha. Tesis ini sudah disetujui dan diperiksa oleh Pembimbing I: Prof. Dr. I Made Ardana, M.Pd dan Pembimbing II: Prof. Dr. I Wayan Lasmawan, S.Pd., M.Pd Kata-kata kunci: Pembelajaran Kooperatif Tipe Number Head Together (NHT), Self Efficacy, Hasil Belajar Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh implementasi pembelajaran kooperatif tipe number head together (NHT) terhadap self efficacy dan hasil belajar matematika siswa kelas IV Sekolah Dasar. Populasi penelitian ini yang berjumlah berjumlah 68 siswa dan sampel berjumlah 68 siswa. Penentuan kelas eksperimen dan dan kelas control dilakukan dengan teknik random sampling. Untuk mengumpulkan data Self efficacy dengan menggunakan kuesioner dan untuk mengukur untuk mengukur hasil belajar matematika dengan menggunakan tes. Questioner self efficacy dan tes hasil belajar matematika telah memenuhi syarat validitas dan realibilitaas. Data dianalisis dengan menggunakan ANOVA (Analisys Of Varians) dan MANOVA (Multivariate Analysis Of Variance) . Hasil penelitian 1). Menunjukan uji hipotesis pertama nilai F= 6,026 dengan signifikansi 0,017 < 0,05 yang berarti Ho ditolak dan H1 diterima, terdapat perbedaan self efficacy siswa yang mengikuti pembelajaran dengan implementasi pembelajaran kooperatif tipe number head together (NHT) dengan siswa yang mengikuti pembelajaran dengan implementasi pembelajaran tipe konvensional. 2) Hasil uji hipotesis kedua menunjukkan bahwa F= 14,538 dengan 0,000 < 0,05 yang berarti Ho ditolak dan H1 diterima, terdapat perbedaan hasil belajar matematika siswa yang mengikuti pembelajaran dengan implementasi pembelajaran kooperatif tipe number head together (NHT) dengan siswa yang mengikuti pembelajaran dengan implementasi pembelajaran tipe konvensional. 3) Hasil uji hipotesis ketiga menunjukan bahwa F= 7,965 dengan 0,001< 0,05 yang artinya Ho ditolak dan H1 diterima, terdapat perbedaan self efficacy dan hasil belajar matematika siswa secara simultan antara siswa yang mengikuti pembelajaran dengan implementasi pembelajaran kooperatif tipe number head together (NHT) dengan siswa yang mengikuti pembelajaran dengan implementasi pembelajaran tipe konvensional.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran Kooperatif Tipe Number Head Together (NHT), Self Efficacy, Hasil Belajar Cooperative Learning Number Head Together, Self Efficacy, Learning Outcome of Mathematics
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Pascasarjana > Program Studi Pendidikan Dasar (S2)
Depositing User: Gazali
Date Deposited: 27 Jul 2025 11:27
Last Modified: 27 Jul 2025 11:27
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/26136

Actions (login required)

View Item View Item