GAZALI, GAZALI (2025) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBER HEAD TOGETHER (NHT) TERHADAP SELF EFFICACY DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR NEGERI 3 MAMBEN. Masters thesis, UNIVERSITAS PENDIDIKAN GANESHA.
![]() |
Text (COVER)
2229041070-COVER.pdf Download (2MB) |
![]() |
Text (ABSTRAK)
2229041070-ABSTRAK.pdf Download (848kB) |
![]() |
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2229041070-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (2MB) |
![]() |
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2229041070-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (7MB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2229041070-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (5MB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2229041070-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (6MB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 5 PENUTUP)
2229041070-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
![]() |
Text (DAFTAR PUSTAKA)
2229041070-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text (LAMPIRAN)
2229041070-LAMPIRAN.pdf Download (18MB) |
Abstract
ABSTRAK Gazali, (2025), pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe number head together (NHT) terhadap self efficacy dan hasil belajar matematika siswa kelas IV Sekolah Dasar. Tesis, Pendidikan Dasar, Program Pascasarjana, Universitas Pendidikan Ganesha. Tesis ini sudah disetujui dan diperiksa oleh Pembimbing I: Prof. Dr. I Made Ardana, M.Pd dan Pembimbing II: Prof. Dr. I Wayan Lasmawan, S.Pd., M.Pd Kata-kata kunci: Pembelajaran Kooperatif Tipe Number Head Together (NHT), Self Efficacy, Hasil Belajar Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh implementasi pembelajaran kooperatif tipe number head together (NHT) terhadap self efficacy dan hasil belajar matematika siswa kelas IV Sekolah Dasar. Populasi penelitian ini yang berjumlah berjumlah 68 siswa dan sampel berjumlah 68 siswa. Penentuan kelas eksperimen dan dan kelas control dilakukan dengan teknik random sampling. Untuk mengumpulkan data Self efficacy dengan menggunakan kuesioner dan untuk mengukur untuk mengukur hasil belajar matematika dengan menggunakan tes. Questioner self efficacy dan tes hasil belajar matematika telah memenuhi syarat validitas dan realibilitaas. Data dianalisis dengan menggunakan ANOVA (Analisys Of Varians) dan MANOVA (Multivariate Analysis Of Variance) . Hasil penelitian 1). Menunjukan uji hipotesis pertama nilai F= 6,026 dengan signifikansi 0,017 < 0,05 yang berarti Ho ditolak dan H1 diterima, terdapat perbedaan self efficacy siswa yang mengikuti pembelajaran dengan implementasi pembelajaran kooperatif tipe number head together (NHT) dengan siswa yang mengikuti pembelajaran dengan implementasi pembelajaran tipe konvensional. 2) Hasil uji hipotesis kedua menunjukkan bahwa F= 14,538 dengan 0,000 < 0,05 yang berarti Ho ditolak dan H1 diterima, terdapat perbedaan hasil belajar matematika siswa yang mengikuti pembelajaran dengan implementasi pembelajaran kooperatif tipe number head together (NHT) dengan siswa yang mengikuti pembelajaran dengan implementasi pembelajaran tipe konvensional. 3) Hasil uji hipotesis ketiga menunjukan bahwa F= 7,965 dengan 0,001< 0,05 yang artinya Ho ditolak dan H1 diterima, terdapat perbedaan self efficacy dan hasil belajar matematika siswa secara simultan antara siswa yang mengikuti pembelajaran dengan implementasi pembelajaran kooperatif tipe number head together (NHT) dengan siswa yang mengikuti pembelajaran dengan implementasi pembelajaran tipe konvensional.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pembelajaran Kooperatif Tipe Number Head Together (NHT), Self Efficacy, Hasil Belajar Cooperative Learning Number Head Together, Self Efficacy, Learning Outcome of Mathematics |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Pascasarjana > Program Studi Pendidikan Dasar (S2) |
Depositing User: | Gazali |
Date Deposited: | 27 Jul 2025 11:27 |
Last Modified: | 27 Jul 2025 11:27 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/26136 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |