Devi, Ni Nyoman Risna Sari (2025) INVESTIGATING EXPERIENCE OF UNIVERSITY STUDENTS IN USING CHATGPT IN ENGLISH LEARNING CONTEXT. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
![]() |
Text (COVER)
1812021084-COVER.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text (ABSTRAK)
1812021084-ABSTRAK.pdf Download (169kB) |
![]() |
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1812021084-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (224kB) |
![]() |
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1812021084-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (267kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1812021084-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (406kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1812021084-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (592kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 5 PENUTUP)
1812021084-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (168kB) | Request a copy |
![]() |
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1812021084-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (284kB) |
![]() |
Text (LAMPIRAN)
1812021084-LAMPIRAN.pdf Download (561kB) |
Abstract
Integrasi Kecerdasan Buatan (Artificial Intelligence/AI) dalam dunia pendidikan, khususnya melalui alat generatif seperti ChatGPT, telah secara signifikan mengubah pendekatan pembelajaran bahasa di pendidikan tinggi. Namun, meskipun banyak yang telah dibahas mengenai potensi manfaat AI, masih terdapat kekurangan penelitian empiris mengenai pengalaman nyata mahasiswa. Penelitian ini menyelidiki pengalaman pengguna (User Experience/UX) dari 110 mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris di sebuah universitas di Bali dalam menggunakan ChatGPT untuk mendukung pembelajaran bahasa Inggris mereka. Kuesioner Pengalaman Pengguna (User Experience Questionnaire/UEQ) digunakan untuk mengukur enam dimensi utama: Daya Tarik (Attractiveness), Kejelasan (Perspicuity), Efisiensi (Efficiency), Keandalan (Dependability), Stimulasi (Stimulation), dan Kebaruan (Novelty). Hasil penelitian menunjukkan bahwa mahasiswa memberikan persepsi positif terhadap ChatGPT di seluruh dimensi, terutama dalam hal kemudahan penggunaan, keterlibatan emosional, dan efisiensi belajar. Uji validitas dan reliabilitas mengonfirmasi kekuatan instrumen yang digunakan. Temuan ini menyoroti potensi ChatGPT tidak hanya sebagai alat pembelajaran yang fungsional, tetapi juga sebagai platform yang memotivasi dan ramah pengguna. Namun demikian, penelitian ini juga menekankan pentingnya literasi digital dan panduan etis untuk memastikan penggunaan yang bertanggung jawab. Penelitian ini memberikan kontribusi terhadap pemahaman yang lebih mendalam tentang peran AI dalam pendidikan bahasa, serta memberikan wawasan bagi para pendidik dan pengambil kebijakan dalam mengintegrasikan AI secara bermakna ke dalam desain kurikulum.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | ChatGPT, Pengalaman Pengguna, Pembelajaran Bahasa Inggris, Kecerdasan Buatan, Pendidikan Tinggi |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Jurusan Bahasa Asing > Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris (S1) |
Depositing User: | Ni Nyoman Risna Sari Devi |
Date Deposited: | 27 Jul 2025 13:49 |
Last Modified: | 27 Jul 2025 13:49 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/26147 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |