INVESTIGATING EXPERIENCE OF UNIVERSITY STUDENTS IN USING CHATGPT IN ENGLISH LEARNING CONTEXT

Devi, Ni Nyoman Risna Sari (2025) INVESTIGATING EXPERIENCE OF UNIVERSITY STUDENTS IN USING CHATGPT IN ENGLISH LEARNING CONTEXT. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1812021084-COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text (ABSTRAK)
1812021084-ABSTRAK.pdf

Download (169kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1812021084-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (224kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1812021084-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (267kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1812021084-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (406kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1812021084-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (592kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
1812021084-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (168kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1812021084-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (284kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1812021084-LAMPIRAN.pdf

Download (561kB)

Abstract

Integrasi Kecerdasan Buatan (Artificial Intelligence/AI) dalam dunia pendidikan, khususnya melalui alat generatif seperti ChatGPT, telah secara signifikan mengubah pendekatan pembelajaran bahasa di pendidikan tinggi. Namun, meskipun banyak yang telah dibahas mengenai potensi manfaat AI, masih terdapat kekurangan penelitian empiris mengenai pengalaman nyata mahasiswa. Penelitian ini menyelidiki pengalaman pengguna (User Experience/UX) dari 110 mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris di sebuah universitas di Bali dalam menggunakan ChatGPT untuk mendukung pembelajaran bahasa Inggris mereka. Kuesioner Pengalaman Pengguna (User Experience Questionnaire/UEQ) digunakan untuk mengukur enam dimensi utama: Daya Tarik (Attractiveness), Kejelasan (Perspicuity), Efisiensi (Efficiency), Keandalan (Dependability), Stimulasi (Stimulation), dan Kebaruan (Novelty). Hasil penelitian menunjukkan bahwa mahasiswa memberikan persepsi positif terhadap ChatGPT di seluruh dimensi, terutama dalam hal kemudahan penggunaan, keterlibatan emosional, dan efisiensi belajar. Uji validitas dan reliabilitas mengonfirmasi kekuatan instrumen yang digunakan. Temuan ini menyoroti potensi ChatGPT tidak hanya sebagai alat pembelajaran yang fungsional, tetapi juga sebagai platform yang memotivasi dan ramah pengguna. Namun demikian, penelitian ini juga menekankan pentingnya literasi digital dan panduan etis untuk memastikan penggunaan yang bertanggung jawab. Penelitian ini memberikan kontribusi terhadap pemahaman yang lebih mendalam tentang peran AI dalam pendidikan bahasa, serta memberikan wawasan bagi para pendidik dan pengambil kebijakan dalam mengintegrasikan AI secara bermakna ke dalam desain kurikulum.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: ChatGPT, Pengalaman Pengguna, Pembelajaran Bahasa Inggris, Kecerdasan Buatan, Pendidikan Tinggi
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Jurusan Bahasa Asing > Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris (S1)
Depositing User: Ni Nyoman Risna Sari Devi
Date Deposited: 27 Jul 2025 13:49
Last Modified: 27 Jul 2025 13:49
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/26147

Actions (login required)

View Item View Item