Analisis Kesantunan Berbahasa pada Proses Pembelajaran di Kelas IV SD Negeri 1 Kampung Baru

Maharani, Ragil Rizky (2025) Analisis Kesantunan Berbahasa pada Proses Pembelajaran di Kelas IV SD Negeri 1 Kampung Baru. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
2112011016-COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text (ABSTRAK)
2112011016-ABSTRAK.pdf

Download (330kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2112011016-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (452kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2112011016-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (497kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODE PENELITIAN)
2112011016-BAB 3 METODE PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (330kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2112011016-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (472kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
2112011016-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (216kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
2112011016-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (334kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
2112011016-LAMPIRAN.pdf

Download (569kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan bentuk pematuhan dan pelanggaran terhadap prinsip kesantunan berbahasa yang dilakukan oleh siswa ke guru, guru ke siswa, dan sesama siswa di kelas IV SD Negeri 1 Kampung Baru. Dalam konteks lingkungan sekolah, penggunaan bahasa yang santun menjadi indikator penting dalam menilai karakter individu. Namun kenyataannya masih ditemukan siswa maupun guru yang menggunakan bahasa kurang sopan saat berkomunikasi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan rancangan deskriptif. Data dikumpulkan melalui rekaman selama proses pembelajaran di kelas kemudian ditranskripkan menggunakan pencatatan. Teknik pengumpulan data mencakup observasi dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan adanya tuturan siswa yang sesuai dengan prinsip-prinsip kesantunan, seperti maksim kebijaksanaan, kedermawanan, penghargaan, kesederhanaan, permufakatan, dan kesimpatian. Meskipun demikian, masih terdapat tuturan yang menyimpang dari maksim-maksim tersebut. Selain itu penelitian ini juga mengungkapkan adanya tanggapan dari pihak guru terhadap penggunaan bahasa yang tidak santun oleh siswa yang menjadi perhatian dalam proses pembinaan karakter di sekolah. Kata Kunci: Kesantunan Berbahasa

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Kesantunan Berbahasa
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Jurusan Bahasa dan Sastra Indonesia dan Daerah > Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (S1)
Depositing User: Ragil Rizky Maharani
Date Deposited: 27 Jul 2025 13:54
Last Modified: 27 Jul 2025 13:54
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/26154

Actions (login required)

View Item View Item