PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING BERBANTUAN PHET TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA SMA

Yasa, I Kadek Kania (2025) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING BERBANTUAN PHET TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA SMA. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
2113021009-COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text (ABSTRAK)
2113021009-ABSTRAK.pdf

Download (252kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2113021009-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (295kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2113021009-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (356kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2113021009-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (541kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2113021009-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (656kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
2113021009-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (198kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
2113021009-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (180kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
2113021009-LAMPIRAN.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar antara siswa yang menggunakan model pembelajaran Discovery Learning berbantuan PhET dan siswa yang menggunakan model pembelajaran konvensional. Jenis penelitian yang digunakan adalah eksperimen semu dengan desain *one way pretest-posttest non-equivalent control group*. Populasi penelitian terdiri dari 104 siswa kelas X unggul SMAN 1 Selat pada semester genap tahun ajaran 2024/2025. Sampel penelitian diambil menggunakan teknik *simple random sampling*, sehingga terpilih 2 dari 3 kelas yang ada dengan total 70 siswa. Satu kelas menjadi kelompok eksperimen yang menggunakan model Discovery Learning berbantuan PhET, sedangkan kelas lainnya menjadi kelompok kontrol dengan model konvensional. Instrumen penelitian berupa tes pilihan ganda sebanyak 20 soal untuk mengukur hasil belajar. Data dianalisis secara deskriptif dan dengan uji Anakova satu jalur pada taraf signifikansi 5%. Hasil analisis menunjukkan adanya perbedaan signifikan keterampilan berpikir kritis antara kedua kelompok, dengan nilai signifikansi lebih kecil dari 0,05 (sig. < 0,05). Siswa yang belajar menggunakan Discovery Learning berbantuan PhET memperoleh skor hasil belajar yang secara signifikan lebih tinggi dibandingkan dengan siswa yang belajar dengan model konvensional

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: model discovery learning, hasil belajar, model konvensional, simulasi PhET.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Jurusan Fisika dan Pengajaran IPA > Program Studi Pendidikan Fisika (S1)
Depositing User: I Kadek Kania Yasa
Date Deposited: 30 Jul 2025 08:20
Last Modified: 30 Jul 2025 08:20
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/26169

Actions (login required)

View Item View Item