PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM SOLVING BERBANTUAN PENILAIAN AUTENTIK TERHADAP HASIL BELAJAR IPA PADA SISWA KELAS V SD GUGUS II KECAMATAN KUBUTAMBAHAN TAHUN PELAJARAN 2018/2019

Ardykusuma, Gede Bayu (2020) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM SOLVING BERBANTUAN PENILAIAN AUTENTIK TERHADAP HASIL BELAJAR IPA PADA SISWA KELAS V SD GUGUS II KECAMATAN KUBUTAMBAHAN TAHUN PELAJARAN 2018/2019. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1511031305-COVER.pdf

Download (6MB)
[img] Text (ABSTRAK)
1511031305-ABSTRAK.pdf

Download (101kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1511031305-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (767kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1511031305-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1511031305-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1511031305-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (795kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
1511031305-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (747kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1511031305-DAFTAR PUSKATA.pdf

Download (739kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1511031305-LAMPIRAN.pdf

Download (7MB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Problem Solving Berbantuan Penilaian Autentik terhadap hasil belajar IPA pada siswa kelas V SD di Gugus II Kecamatan Kubutambahan. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu. Desain penelitian menggunakan post-test only control group design. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SD di Gugus II yang berjumlah 231 orang. Untuk pengambilan sampel penelitian menggunakan teknik random sampling terhadap kelas. Sampel penelitian yang digunakan adalah siswa kelas V SDN 5 Kubutambahan yang berjumlah 39 orang sebagai kelompok eksperimen dan SDN 3 Kubutambahan yang berjumlah 32 orang sebagai kelompok kontrol. Data penelitian diperoleh melalui metode tes dan instrumen yang digunakan berupa tes pilihan ganda yang berjumlah 20 butir soal. Teknik analisis data yang digunakan adalah (uji-t). Hasil uji hipotesis menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan terhadap hasil belajar IPA antara siswa yang dibelajarkan menggunakan model pembelajaran problem solving berbantuan penilaian autentik dan siswa yang dibelajarkan menggunakan model konvensional dengan thitung>ttabel (5,50>1,99). Dengan demikian, model pembelajaran problem solving berbantuan penilaian autentik berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar IPA siswa kelas V SD Gugus II Kecamatan Kubutambahan tahun pelajaran 2018/2019. Kata kunci: Problem Solving, IPA, hasil belajar

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Problem Solving, IPA, hasil belajar
Subjects: H Social Sciences > HA Statistics
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: GEDE BAYU ARDYKUSUMA
Date Deposited: 29 Jul 2020 09:08
Last Modified: 29 Jul 2020 09:08
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/2618

Actions (login required)

View Item View Item