Ardykusuma, Gede Bayu (2020) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM SOLVING BERBANTUAN PENILAIAN AUTENTIK TERHADAP HASIL BELAJAR IPA PADA SISWA KELAS V SD GUGUS II KECAMATAN KUBUTAMBAHAN TAHUN PELAJARAN 2018/2019. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1511031305-COVER.pdf Download (6MB) |
|
Text (ABSTRAK)
1511031305-ABSTRAK.pdf Download (101kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1511031305-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (767kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1511031305-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1511031305-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1511031305-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (795kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1511031305-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (747kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1511031305-DAFTAR PUSKATA.pdf Download (739kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1511031305-LAMPIRAN.pdf Download (7MB) |
Abstract
ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Problem Solving Berbantuan Penilaian Autentik terhadap hasil belajar IPA pada siswa kelas V SD di Gugus II Kecamatan Kubutambahan. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu. Desain penelitian menggunakan post-test only control group design. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SD di Gugus II yang berjumlah 231 orang. Untuk pengambilan sampel penelitian menggunakan teknik random sampling terhadap kelas. Sampel penelitian yang digunakan adalah siswa kelas V SDN 5 Kubutambahan yang berjumlah 39 orang sebagai kelompok eksperimen dan SDN 3 Kubutambahan yang berjumlah 32 orang sebagai kelompok kontrol. Data penelitian diperoleh melalui metode tes dan instrumen yang digunakan berupa tes pilihan ganda yang berjumlah 20 butir soal. Teknik analisis data yang digunakan adalah (uji-t). Hasil uji hipotesis menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan terhadap hasil belajar IPA antara siswa yang dibelajarkan menggunakan model pembelajaran problem solving berbantuan penilaian autentik dan siswa yang dibelajarkan menggunakan model konvensional dengan thitung>ttabel (5,50>1,99). Dengan demikian, model pembelajaran problem solving berbantuan penilaian autentik berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar IPA siswa kelas V SD Gugus II Kecamatan Kubutambahan tahun pelajaran 2018/2019. Kata kunci: Problem Solving, IPA, hasil belajar
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Problem Solving, IPA, hasil belajar |
Subjects: | H Social Sciences > HA Statistics |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | GEDE BAYU ARDYKUSUMA |
Date Deposited: | 29 Jul 2020 09:08 |
Last Modified: | 29 Jul 2020 09:08 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/2618 |
Actions (login required)
View Item |