Sadifa, Fayzaluna Putri (2025) Pengembangan Media Flipbook Jajanan Nusantara Pada Mata Kuliah Kuliner Nusantara. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
![]() |
Text (COVER)
2115081041-COVER.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text (ABSTRAK)
2115081041-ABSTRAK.pdf Download (257kB) |
![]() |
Text (BAB I PENDAHULUAN)
2115081041-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (318kB) |
![]() |
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2115081041-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (390kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2115081041-BAB 3 METODOLOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (495kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2115081041-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (964kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 5 PENUTUP)
2115081041-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (264kB) | Request a copy |
![]() |
Text (DAFTAR PUSTAKA)
2115081041-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (242kB) |
![]() |
Text (LAMPIRAN)
2115081041-LAMPIRAN.pdf Download (7MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Mendeskripsikan tahapan pengembangan media Flipbook model 4D materi Jajanan Nusantara, 2) Mengetahui hasil uji kelayakan pengembangan Flipbook model 4D pada materi Jajanan Nusantara, 3) Mendeskripsikan hasil respon mahasiswa terhadap pengembangan media Flipbook pada materi Jajanan Nusantara dalam pembelajaran mata kuliah Kuliner Nusantara. Jenis penelitian yaitu R n D (Research and Development) dengan menggunakan model 4D (Define, Design, Development, Disseminate) responden dalam penelitian ini yaitu 30 Mahasiswa yang sedang dan sudah lulus mata Kuliah Kuliner Nusantara di Program Studi Pendidikan Vokasional Seni Kuliner. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah kuisioner yang diberikan kepada ahli dan responden dengan Teknik skoring skala likert. Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan Teknik deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukan bahwa media flipbook Jajanan Nusantara dengan model 4D, terdiri dari empat tahapan yaitu; a) define tahap ini meliputi kegiatan analisis awal, b) design pada tahap ini dilakukan kegiatan menyusun materi, menghias serta input audio dan video pada flipbook, c) development pada tahap ini flipbook akan diujikan kepada para ahli, dan d) disseminate pada tahap ini dilakukan penyebarluasan produk. 2) Hasil penilaian pada validasi ahli isi pembelajaran mendapatkan skor 100% dikategorikan “sangat layak”, validasi Ahli Media Pembelajaran mendapatkan skor 92,25% dikategorikan “sangat layak”, serta validasi ahli Desain Pembelajaran mendapatkan skor 97,72% dikategorikan “sangat layak”. 3) Hasil responden yaitu mahasiswa mendapatkan skor rata-rata 90,83% dengan kategori “sangat baik”.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Media Pembelajaran, Flipbook, Kuliner Nusantara |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Teknik dan Kejuruan > Jurusan Teknologi Industri > Program Studi Pendidikan Vokasional Seni Kuliner (S1) |
Depositing User: | Fayzaluna Putri Sadifa |
Date Deposited: | 29 Jul 2025 02:48 |
Last Modified: | 29 Jul 2025 02:48 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/26246 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |