Penggunaan Pendekatan Kontekstual pada Pembelajaran Menulis Teks Prosedur di Kelas VII E SMP N 1 Banjar

Sistadewi, Made Arya (2020) Penggunaan Pendekatan Kontekstual pada Pembelajaran Menulis Teks Prosedur di Kelas VII E SMP N 1 Banjar. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1612011047-COVER.pdf

Download (14MB)
[img] Text (ABSTRAK)
1612011047-ABSTRAK.pdf

Download (4MB)
[img] Text (BAB I PENDAHULUAN)
1612011047-BAB I PENDAHULUAN.pdf

Download (4MB)
[img] Text (BAB II KAJIAN TEORI)
1612011047-BAB II KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB) | Request a copy
[img] Text (BAB III METODELOGI PENELITIAN)
1612011047-BAB III METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN)
1612011047-BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB) | Request a copy
[img] Text (BAB V PENUTUP)
1612011047-BAB V PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1612011047-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (4MB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1612011047-LAMPIRAN.pdf

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian deskripsif kualitatif. Tujuan penelitian ini adalah (1) mendeskripsikan langkah-langkah operasional yang ditempuh oleh guru dalam penggunaan pendekatan kontekstual pada pembelajaran menulis teks prosedur di kelas VII E SMP N 1 Banjar, (2) mendeskripsikan tingkat kemampuan siswa dalam menulis teks prosedur menggunakan pendekatan kontekstual di kelas VII E SMP N 1 Banjar, (3) mendeskripsikan hambatan-hambatan yang dihadapi oleh guru dalam penggunaan pendekatan kontekstual pada pembelajaran teks prosedur di kelas VII E SMP N 1 Banjar. Data penelitian dikumpulkan dengan beberapa metode, yakni (1) metode observasi, (2) dokumentasi, dan (3) metode wawancara. Berdasarkan analisis data yang dilakukan, diperoleh beberapa langkah yang ditempuh oleh guru dalam penggunaan pendekatan kontekstual pada pembelajaran menulis teks prosedur di kelas VII E SMP N 1 Banjar. Langkah tersebut dimulai dari memberikan umpan balik, membaca materi, melakukan observasi ke luar kelas hingga menulis teks prosedur berdasarkan hal yang dilihat setelah melakukan observasi ke luar kelas. Dalam mencirikan langkah pendekatan kontekstual, siswa diajak untuk mengamati lingkungan sekitar sebagai bahan menulis teks prosedur. Tingkat kemampuan siswa dalam menulis teks prosedur menggunakan pendekatan kontekstual di kelas VII E SMP N 1 Banjar menunjukkan nilai rata-rata 83 (kategori baik) dengan persentase 55,60 % siswa memperoleh nilai dengan kategori sangat baik dan 44,40 % siswa memperoleh kategori baik. Terdapat beberapa hambatan yang dihadapi oleh guru dalam penggunaan pendekatan kontekstual di kelas VII E SMP N 1 Banjar, yaitu: (1) guru mengalami kesulitan untuk membangkitkan semangat siswa dalam belajar, (2) guru mengalami kesulitan untuk mengatur siswa belajar di luar kelas, (3) guru kesulitan dalam mengarahkan siswa untuk ke depan kelas membacakan hasil pekerjaan atau tulisan mereka, dan (4) guru kesulitan dalam memberikan inovasi-inovasi yang kreatif kepada siswa agar pembelajaran tidak monoton.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: menulis, teks prosedur, kontekstual
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Jurusan Bahasa dan Sastra Indonesia dan Daerah > Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (S1)
Depositing User: Made Arya Sistadewi
Date Deposited: 27 Jul 2020 09:29
Last Modified: 27 Jul 2020 09:29
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/2625

Actions (login required)

View Item View Item