Sistadewi, Made Arya (2020) Penggunaan Pendekatan Kontekstual pada Pembelajaran Menulis Teks Prosedur di Kelas VII E SMP N 1 Banjar. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1612011047-COVER.pdf Download (14MB) |
|
Text (ABSTRAK)
1612011047-ABSTRAK.pdf Download (4MB) |
|
Text (BAB I PENDAHULUAN)
1612011047-BAB I PENDAHULUAN.pdf Download (4MB) |
|
Text (BAB II KAJIAN TEORI)
1612011047-BAB II KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (4MB) | Request a copy |
|
Text (BAB III METODELOGI PENELITIAN)
1612011047-BAB III METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (4MB) | Request a copy |
|
Text (BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN)
1612011047-BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (4MB) | Request a copy |
|
Text (BAB V PENUTUP)
1612011047-BAB V PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (4MB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1612011047-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (4MB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1612011047-LAMPIRAN.pdf Download (4MB) |
Abstract
Penelitian ini merupakan penelitian deskripsif kualitatif. Tujuan penelitian ini adalah (1) mendeskripsikan langkah-langkah operasional yang ditempuh oleh guru dalam penggunaan pendekatan kontekstual pada pembelajaran menulis teks prosedur di kelas VII E SMP N 1 Banjar, (2) mendeskripsikan tingkat kemampuan siswa dalam menulis teks prosedur menggunakan pendekatan kontekstual di kelas VII E SMP N 1 Banjar, (3) mendeskripsikan hambatan-hambatan yang dihadapi oleh guru dalam penggunaan pendekatan kontekstual pada pembelajaran teks prosedur di kelas VII E SMP N 1 Banjar. Data penelitian dikumpulkan dengan beberapa metode, yakni (1) metode observasi, (2) dokumentasi, dan (3) metode wawancara. Berdasarkan analisis data yang dilakukan, diperoleh beberapa langkah yang ditempuh oleh guru dalam penggunaan pendekatan kontekstual pada pembelajaran menulis teks prosedur di kelas VII E SMP N 1 Banjar. Langkah tersebut dimulai dari memberikan umpan balik, membaca materi, melakukan observasi ke luar kelas hingga menulis teks prosedur berdasarkan hal yang dilihat setelah melakukan observasi ke luar kelas. Dalam mencirikan langkah pendekatan kontekstual, siswa diajak untuk mengamati lingkungan sekitar sebagai bahan menulis teks prosedur. Tingkat kemampuan siswa dalam menulis teks prosedur menggunakan pendekatan kontekstual di kelas VII E SMP N 1 Banjar menunjukkan nilai rata-rata 83 (kategori baik) dengan persentase 55,60 % siswa memperoleh nilai dengan kategori sangat baik dan 44,40 % siswa memperoleh kategori baik. Terdapat beberapa hambatan yang dihadapi oleh guru dalam penggunaan pendekatan kontekstual di kelas VII E SMP N 1 Banjar, yaitu: (1) guru mengalami kesulitan untuk membangkitkan semangat siswa dalam belajar, (2) guru mengalami kesulitan untuk mengatur siswa belajar di luar kelas, (3) guru kesulitan dalam mengarahkan siswa untuk ke depan kelas membacakan hasil pekerjaan atau tulisan mereka, dan (4) guru kesulitan dalam memberikan inovasi-inovasi yang kreatif kepada siswa agar pembelajaran tidak monoton.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | menulis, teks prosedur, kontekstual |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Jurusan Bahasa dan Sastra Indonesia dan Daerah > Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (S1) |
Depositing User: | Made Arya Sistadewi |
Date Deposited: | 27 Jul 2020 09:29 |
Last Modified: | 27 Jul 2020 09:29 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/2625 |
Actions (login required)
View Item |