Astari, Ni Luh Putu Dian (2025) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN KOMIK ELEKTRONIK UNTUK MENINGKATKAN MINAT DAN KETERAMPILAN MEMBACA SISWA KELAS III SEKOLAH DASAR. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
![]() |
Text (COVER)
2111031243- COVER.pdf Download (3MB) |
![]() |
Text (ABSTRAK)
2111031243-ABSTRAK.pdf Download (163kB) |
![]() |
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
21110131243-BAB I PENDAHULUAN.pdf Download (219kB) |
![]() |
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2111031243-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (612kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2111031243-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (754kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2111031243- BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (6MB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 5 PENUTUP)
2111031243-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (6MB) | Request a copy |
![]() |
Text (DAFTAR PUSTAKA)
2111031243- DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (209kB) |
![]() |
Text (LAMPIRAN)
2111031243-LAMPIRAN..pdf Download (2MB) |
Abstract
Kemampuan membaca adalah fondasi yang harus diperoleh terlebih dahulu sebelum seseorang dapat mengeksplorasi bidang pengetahuan lainnya. Namun, hasil dari berbagai survei internasional seperti PISA (Program for International Student Assessment), AKM (Asesmen Kompetensi Minimum), dan kondisi dilapangan yang diperoleh dari hasil wawancara dengan wali kelas menunjukkan bahwa minat dan keterampilan membaca siswa Indonesia masih jauh dari harapan. Dalam tes literasi membaca, siswa dihadapkan pada berbagai jenis teks dan diminta untuk menginterpretasikan informasi yang tersirat, menganalisis ide utama, serta menarik kesimpulan berdasarkan bacaan.Penelitian ini menggunakan pada model penelitian ADDIE (Analyze, Design, Development, Implementation, Evaluation) dalam pengembangan. Model ADDIE dikembangkan oleh Dick dan Carry untuk merancang sistem pembelajaran Berdasarkan hasil analisis, diketahui bahwa penelitian ini menghasilkan produk pengembangan berupa media komik elektronik, memperoleh predikat sangat valid. Hasil uji efektivitas pengembangan media komik elektronik untuk meningkatkan minat baca dan keterampilan membaca berdasarkan analisis yang telah dilakukan media komik elektronik yang dikembangkan efektif untuk meningkatkan minat baca dan keterampilan membaca siswa kelas III pada kelompok eksperimen.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Model Pengembangan, ADDIE, Minat Baca, Keterampilan Membaca |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | Ni Luh Putu Dian Astari |
Date Deposited: | 29 Jul 2025 12:49 |
Last Modified: | 29 Jul 2025 12:49 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/26251 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |