KONSTRIBUSI KOMUNIKASI INTERPERSONAL DAN SELF CONFIDENCE SISWA TERHADAP KOMPETENSI PENGETAHUAN IPA KELAS V SD GUGUS KOLONEL I GUSTI NGURAH RAI KECAMATAN DENPASAR UTARA TAHUN PELAJARAN 2019/2020

Sagita, Ni Putu Trisya Hani (2020) KONSTRIBUSI KOMUNIKASI INTERPERSONAL DAN SELF CONFIDENCE SISWA TERHADAP KOMPETENSI PENGETAHUAN IPA KELAS V SD GUGUS KOLONEL I GUSTI NGURAH RAI KECAMATAN DENPASAR UTARA TAHUN PELAJARAN 2019/2020. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1611031057-COVER.pdf

Download (7MB)
[img] Text (ABSTRAK)
1611031057-ABSTRAK.pdf

Download (415kB)
[img] Text (BAB I PENDAHULUAN)
1611031057-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (418kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1611031057-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (407kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1611031057-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (7MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1611031057-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (800kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
1611031057-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (873kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
16110310057-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (7MB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1611031057-LAMPIRAN.pdf

Download (10MB)

Abstract

Rendahnya kompetensi pengetahuan IPA siswa disekolah telah menjadi masalah yang harus diperhatikan. Ada banyak faktor yang mempengaruhi, diantaranya adalah komunikasi interpersonal dan self confidence yang sangat diperlukan setiap siswa agar lebih mudah bersosialisasi dengan lingkungan dimana ia berada. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui besaran kontribusi komunikasi interpersonal dan self confidence terhadap kompetensi pengetahuan IPA kelas V SD. Penelitian ini merupakan penelitian ex post facto. Populasi dari penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V yang berjumlah 490 orang siswa. Sampel ditetapkan dari populasi menggunakan teknik proportional random sampling. Jumlah sampel dari populasi ini adalah 210 orang siswa. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode non tes. Data komunikasi interpersonal dan self confidence diperoleh dengan penyebaran kuesioner dan data kompetensi pengetahuan IPA diperoleh melalui pencatatan dokumen. Uji hipotesis dilakukan dengan teknik analisis regresi linier sederhana dan teknik analisis regresi linier ganda setelah semua uji prasyarat terpenuhi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat kontribusi yang signifikan komunikasi interpersonal terhadap kompetensi pengetahuan IPA dengan kontribusi sebesar 54,1%, terdapat kontribusi yang signifikan self confidence terhadap kompetensi pengetahuan IPA dengan kontribusi sebesar 47,3%, serta terdapat kontribusi yang signifikan komunikasi interpersonal dan self confidence terhadap kompetensi pengetahuan IPA dengan kontribusi sebesar 58,5%. Dapat disimpulkan bahwa komunikasi interpersonal dan self confidence berkonstribusi terhadap kompetensi pengetahuan IPA siswa kelas V.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Komunikasi interpersonal, self confidence, kompetensi
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Ni Putu Trisya Hani Sagita
Date Deposited: 28 Jul 2020 02:46
Last Modified: 28 Jul 2020 02:46
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/2627

Actions (login required)

View Item View Item