Sagita, Ni Putu Trisya Hani (2020) KONSTRIBUSI KOMUNIKASI INTERPERSONAL DAN SELF CONFIDENCE SISWA TERHADAP KOMPETENSI PENGETAHUAN IPA KELAS V SD GUGUS KOLONEL I GUSTI NGURAH RAI KECAMATAN DENPASAR UTARA TAHUN PELAJARAN 2019/2020. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1611031057-COVER.pdf Download (7MB) |
|
Text (ABSTRAK)
1611031057-ABSTRAK.pdf Download (415kB) |
|
Text (BAB I PENDAHULUAN)
1611031057-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (418kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1611031057-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (407kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1611031057-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (7MB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1611031057-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (800kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1611031057-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (873kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
16110310057-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (7MB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1611031057-LAMPIRAN.pdf Download (10MB) |
Abstract
Rendahnya kompetensi pengetahuan IPA siswa disekolah telah menjadi masalah yang harus diperhatikan. Ada banyak faktor yang mempengaruhi, diantaranya adalah komunikasi interpersonal dan self confidence yang sangat diperlukan setiap siswa agar lebih mudah bersosialisasi dengan lingkungan dimana ia berada. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui besaran kontribusi komunikasi interpersonal dan self confidence terhadap kompetensi pengetahuan IPA kelas V SD. Penelitian ini merupakan penelitian ex post facto. Populasi dari penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V yang berjumlah 490 orang siswa. Sampel ditetapkan dari populasi menggunakan teknik proportional random sampling. Jumlah sampel dari populasi ini adalah 210 orang siswa. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode non tes. Data komunikasi interpersonal dan self confidence diperoleh dengan penyebaran kuesioner dan data kompetensi pengetahuan IPA diperoleh melalui pencatatan dokumen. Uji hipotesis dilakukan dengan teknik analisis regresi linier sederhana dan teknik analisis regresi linier ganda setelah semua uji prasyarat terpenuhi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat kontribusi yang signifikan komunikasi interpersonal terhadap kompetensi pengetahuan IPA dengan kontribusi sebesar 54,1%, terdapat kontribusi yang signifikan self confidence terhadap kompetensi pengetahuan IPA dengan kontribusi sebesar 47,3%, serta terdapat kontribusi yang signifikan komunikasi interpersonal dan self confidence terhadap kompetensi pengetahuan IPA dengan kontribusi sebesar 58,5%. Dapat disimpulkan bahwa komunikasi interpersonal dan self confidence berkonstribusi terhadap kompetensi pengetahuan IPA siswa kelas V.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Komunikasi interpersonal, self confidence, kompetensi |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | Ni Putu Trisya Hani Sagita |
Date Deposited: | 28 Jul 2020 02:46 |
Last Modified: | 28 Jul 2020 02:46 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/2627 |
Actions (login required)
View Item |