MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS SURAT DINAS DENGAN MEDIA SURATPLUS PADA SISWA KELAS VII A DI SMPN 3 SINGARAJA

Setiawan, I Made Prema Divananda (2025) MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS SURAT DINAS DENGAN MEDIA SURATPLUS PADA SISWA KELAS VII A DI SMPN 3 SINGARAJA. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
2012011030_COVER.pdf

Download (811kB)
[img] Text (ABSTRAK)
2012011030_ABSTRAK.pdf

Download (209kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2012011030_BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (186kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2012011030_BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (787kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2012011030_BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (504kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2012011030_BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (568kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
2012011030_BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (192kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
2012011030_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (179kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
2012011030_LAMPIRAN.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ini bertujuan untuk mengetahui, (1) penerapan media Suratplus untuk meningkatkan kemampuan menulis surat dinas siswa kelas VII A SMP N 3 Singaraja tahun pelajaran 2023/2024, (2) hasil belajar siswa dengan penerapan media Suratplus menggunakan untuk meningkatkan kemampuan menulis surat dinas siswa kelas VII A SMP N 3 Singaraja tahun pelajaran 2023/2024, (3) respons siswa pada pembelajaran menggunakan media Suratplus untuk meningkatkan kemampuan menulis surat dinas siswa kelas VII A SMP N 3 Singaraja tahun pelajaran 2023/2024. Metode yang digunakan untuk mengumpulkan data yaitu metode observasi, tes, kuesioner/angket, wawancara. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa 1) menerapkan media dalam pembelajaran dapat memberikan kontribusi positif dalam mendorong kemandirian dan partisipasi siswa dalam menyelesaikan tugas yang diberikan oleh guru. Selain itu, pendekatan ini juga dapat memberikan motivasi kepada siswa untuk aktif dalam kegiatan menulis surat dinas, 2) Terdapat peningkatan pada siklus I dengan menggunakan media Suratplus yaitu nilai terendah 54 dan nilai tertinggi 80 dengan nilai rata-rata 70.1. Sedangkan pada siklus ke II nilai terendah 77 dan nilai tertinggi 95 dengan nilai rata-rata 86, dan 3) Pada siklus II, hasil respons siswa melalui pengisian kuesioner dengan skor terendah 36 dan skor tertinggi 50 dengan nilai rata-rata 44,93 (positif).

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: menulis, surat, suratplus
Subjects: L Education > L Education (General)
P Language and Literature > PI Oriental languages and literatures
T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Jurusan Bahasa dan Sastra Indonesia dan Daerah > Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (S1)
Depositing User: I Made Prema Divananda Setiawan
Date Deposited: 07 Aug 2025 00:40
Last Modified: 07 Aug 2025 00:40
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/26311

Actions (login required)

View Item View Item