EVALUASI LAYANAN E-GOVERNMENT MENGGUNAKAN WEBQUAL 4.0, E-GOVQUAL DAN IMPORTANCE PERFORMANCE ANALYSIS (IPA)

DIATMIKA, I KETUT AGUS INDRA (2025) EVALUASI LAYANAN E-GOVERNMENT MENGGUNAKAN WEBQUAL 4.0, E-GOVQUAL DAN IMPORTANCE PERFORMANCE ANALYSIS (IPA). Masters thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
2129101011-COVER.pdf

Download (984kB)
[img] Text (ABSTRAK)
2129101011-ABSTRAK.pdf

Download (205kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2129101011-BAB I PENDAHULUAN.pdf

Download (248kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2129101011-BAB II KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (672kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2129101011-BAB III METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (427kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2129101011-BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
2129101011-BAB V PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (279kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
2129101011-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (198kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
2129101011-LAMPIRAN.pdf

Download (5MB)

Abstract

Pemerintah Kota Denpasar telah mengimplementasikan E-Government melalui Peraturan Walikota Nomor 28 Tahun 2021 tentang Penyelenggaraan Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik. Salah satu implementasinya adalah pengelolaan pengaduan masyarakat melalui website PRO Denpasar (Pengaduan Rakyat Online), sebagaimana diatur dalam Peraturan Walikota Nomor 53 Tahun 2024. Hingga saat ini, belum pernah dilakukan evaluasi terhadap kinerja dan kepuasan pengguna layanan website tersebut, sehingga arah pengembangan layanan ke depan belum memiliki prioritas yang jelas. Evaluasi dilakukan dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan dimensi dan atribut dari WebQual 4.0 dan E-GovQual serta dilakukan analisis dengan metode Importance Performance Analysis (IPA) untuk melihat kesesuaian dan kesenjangan antara harapan dan kinerja layanan. Responden berjumlah 252 orang pengguna aktif dan pernah melakukan pengaduan pada website PRO Denpasar dalam periode 2020–2024 yang ditentukan berdasarkan rumus Slovin dengan tingkat kesalahan 5%. Hasil analisis menunjukkan bahwa tingkat kesesuaian rata-rata sebesar 94% dengan kategori tinggi dan nilai gap rata-rata -0,25, yang mengindikasikan bahwa belum terpenuhinya harapan pengguna terhadap kinerja layanan website PRO Denpasar . Analisis kuadran merekomendasikan satu atribut prioritas yang perlu ditingkatkan, yaitu kemudahan bernavigasi dan pengoperasian website, yang termasuk dalam dimensi kualitas kegunaan dan memiliki tingkat kesesuaian terendah serta gap terbesar. Penelitian lanjutan disarankan untuk melibatkan admin PRO Denpasar dan pimpinan yang menggunakan sebagai responden serta menggunakan kerangka atau metode evaluasi lainnya.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: evaluasi, E-Government,WebQual 4.0, E-GovQual, Importance Performace Analysis
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Pascasarjana > Program Studi Ilmu Komputer (S2)
Depositing User: I Ketut Agus Indra Diatmika
Date Deposited: 31 Jul 2025 02:06
Last Modified: 31 Jul 2025 02:06
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/26339

Actions (login required)

View Item View Item