ANALISIS IMPLEMENTASI STRATEGI UP SELLING PADA PENJUALAN FOOD AND BEVERAGE DI ENVY RESTAURANT HOTEL HOLIDAY INN RESORT BARUNA BALI

Adi, I.G.N. Bagus (2025) ANALISIS IMPLEMENTASI STRATEGI UP SELLING PADA PENJUALAN FOOD AND BEVERAGE DI ENVY RESTAURANT HOTEL HOLIDAY INN RESORT BARUNA BALI. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
2257013029-COVER.pdf

Download (636kB)
[img] Text (ABSTRAK)
2257013029-ABSTRAK.pdf

Download (149kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2257013029-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (106kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2257013029-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (286kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2257013029-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (67kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN)
2257013029-BAB 4 HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (116kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
2257013029-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (34kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
2257013029-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (91kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
2257013029-LAMPIRAN.pdf

Download (829kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis penerapan strategi up-selling dalam meningkatkan penjualan makanan dan minuman di Restoran Envy, Hotel Holiday Inn Resort Baruna Bali. Strategi ini menjadi sangat penting selama musim sepi untuk mencapai target penjualan harian sebesar Rp30–35 juta. Metode Penelitian: Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, dengan data dikumpulkan melalui wawancara mendalam dengan pelayan, supervisor, dan manajer; observasi non-partisipan; dan dokumentasi berupa laporan penjualan dan Prosedur Operasi Standar (SOP). Analisis data dilakukan menggunakan model Miles dan Huberman, yang meliputi reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Keabsahan data diperkuat melalui triangulasi sumber. Hasil Penelitian: Temuan menunjukkan bahwa meskipun strategi up-selling telah diamanatkan oleh manajemen, implementasinya masih belum optimal. Hal ini disebabkan oleh kurangnya pelatihan berkelanjutan, pemahaman yang terbatas tentang teknik up-selling yang efektif di antara para pelayan, tidak adanya sistem evaluasi kinerja yang terstruktur, serta lemahnya komunikasi dan motivasi antara manajemen dan staf. Analisis rekayasa menu juga mengungkapkan bahwa makanan dan minuman yang dikategorikan sebagai Plowhorses.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Up-selling, Makanan dan Minuman, Strategi Penjualan, Industri Perhotelan, Restoran
Subjects: A General Works > AS Academies and learned societies (General)
P Language and Literature > PN Literature (General)
Divisions: Fakultas Ekonomi > Jurusan Manajemen > Program Studi Pengelolaan Perhotelan (D4)
Depositing User: I. G. N. BAGUS ADI
Date Deposited: 30 Jul 2025 23:01
Last Modified: 30 Jul 2025 23:01
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/26343

Actions (login required)

View Item View Item