Mahayuni, Ni Kadek Intan (2025) MENGUNGKAP MUNCUNYA TINDAKAN ACADEMIC DISHONESTY DI KALANGAN MAHASISWA AKUNTANSI. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
![]() |
Text (COVER)
2017051185-COVER.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text (ABSTRAK)
2017051185-ABSTRAK.pdf Download (626kB) |
![]() |
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2017051185-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (365kB) |
![]() |
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2017051185-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (456kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 3 METODOLOGI PENELITIAN)
2017051185-BAB 3 METODOLOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (373kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2017051185-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (608kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 5 PENUTUP)
2017051185-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (285kB) | Request a copy |
![]() |
Text (DAFTAR PUSTAKA)
2017051185-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (235kB) |
![]() |
Text (LAMPIRAN)
2017051185-LAMPIRAN.pdf Download (451kB) |
Abstract
Ketidakjujuran akademik di kalangan mahasiswa menjadi perhatian utama dalam pendidikan tinggi Indonesia, dengan kecurangan akademik sebagai prediktor tingkat korupsi suatu negara. Penelitian ini bertujuan mengungkap dan menganalisis alasan praktik ketidakjujuran akademik mahasiswa menggunakan Theory of Reasoned Action dan Fraud Diamond sebagai kerangka teoritis. Menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan studi kasus, data dikumpulkan melalui observasi, wawancara dengan mahasiswa dan dosen akuntansi Fakultas Ekonomi Undiksha, serta dokumentasi. Hasil menunjukkan perkembangan teknologi AI (ChatGPT) memberikan dampak signifikan pada pembelajaran. Mahasiswa memanfaatkan AI untuk menyelesaikan tugas cepat dan efisien, namun berpotensi menimbulkan ketergantungan dan kecurangan akademik seperti plagiarisme dan penggunaan jasa joki. Tekanan akademik berupa tugas menumpuk dan tenggat ketat menjadi pemicu utama pencarian solusi instan. Sistem pembelajaran monoton dan kurang praktik mendorong mahasiswa menyarankan peningkatan fleksibilitas, peran aktif dosen, dan keseimbangan teori-praktik untuk mencegah kecurangan akademik.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Academic Dishonesty, Theory of Reasoned Action, Fraud Diamond, Mahasiswa Akuntansi. |
Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) H Social Sciences > HM Sociology L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education L Education > LC Special aspects of education |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Jurusan Ekonomi dan Akutansi > Program Studi Akuntansi (S1) |
Depositing User: | Ni Kadek Intan Mahayuni |
Date Deposited: | 31 Jul 2025 04:33 |
Last Modified: | 31 Jul 2025 04:33 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/26362 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |