Astuti, Sari Dewi (2025) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH DAN KEMAMPUAN KOLABORASI ANAK KELOMPOK B DI TAMAN KANAK-KANAK KECAMATAN OEBOBO KOTA KUPANG. Masters thesis, UNIVERSITAS PENDIDIKAN GANESHA.
![]() |
Text (COVER)
2229171005-COVER.pdf Download (2MB) |
![]() |
Text (ABSTRAK)
2229171005-ABSTRAK.pdf Download (612kB) |
![]() |
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2229171005-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (2MB) |
![]() |
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2229171005-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (9MB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2229171005-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2229171005-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (5MB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 5 PENUTUP)
2229171005-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
![]() |
Text (DAFTAR PUSTAKA)
2229171005-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (2MB) |
![]() |
Text (LAMPIRAN)
2229171005-LAMPIRAN.pdf Download (13MB) |
Abstract
ABSTRAK Sari Dewi Astuti (2025), Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Proyek Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah dan Kemampuan Kolaborasi Anak Kelompok B di Taman Kanak-Kanak Gugus I Kecamatan Oebobo Kota Kupang. Tesis Pendidikan Anak Usia Dini, Program Pascasarjana, Universitas Pendidikan Ganesha. Pembimbing I Prof. Dr. Desak Putu Parmiti, M.S. dan Pembimbing II Prof. Dr. M.G. Rini Kristiantari, M.Pd. Kata kunci: pembelajaran berbasis proyek, pemecahan masalah, kolaborasi, anak usia dini Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh model pembelajaran yang berbasis proyek terhadap kemampuan pemecahan masalah dan kemampuan kolaborasi anak Kelompok B di Taman Kanak-Kanak Gugus I Kecamatan Oebobo Kota Kupang. Rendahnya kemampuan anak dalam bekerja sama dan menyelesaikan masalah di TK Barunawati Kupang yang tercermin dari lemahnya keterlibatan anak dalam aktivitas kelompok dan kesulitan dalam merancang solusi secara sistematis. Penelitian ini menggunakan metode quasi ekserimen dengan pendekatan kuantitatif dan desain posttest only control group. Sampel penelitian ini terdiri dari dua kelompok, yaitu kelompok eksperimen di TK Barunawati Kupang dan kelompok kontrol di TK Kristen Karmel. Instrumen penelitian berupa lembar observasi yang telah diuji validitas dan realibilitasnya. Hasil analisis statistik uji MANOVA menunjukkan nilai signifikansi (Sig.) sebesar 0,000, atau p < 0,05 yang artinya model pembelajaran berbasis proyek memberikan pengaruh yang signifikan terhadap peningkatan kemampuan pemecahan masalah dan kolaborasi anak secara simultan. Model pembelajaran berbasis proyek efektif dalam mengembangkan kemampuan berpikir kritis, kerja sama, dan kemandirian sejak dini.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | pembelajaran berbasis proyek, pemecahan masalah, kolaborasi, anak usia dini, project-based learning, problem-solving, collaboration, early childhood |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Pascasarjana > Program Studi Pendidikan Anak Usia Dini (S2) |
Depositing User: | Sari Dewi Astuti |
Date Deposited: | 04 Aug 2025 07:34 |
Last Modified: | 04 Aug 2025 07:34 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/26441 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |