PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN AUTHENTIC PROBLEM INQUIRY (API) TERHADAP KETERAMPILAN PROSES SAINS PESERTA DIDIK PADA PEMBELAJARAN BIOLOGI KELAS X SMA NEGERI 1 SEMARAPURA

Dewi, Putu Lia Rusita (2025) PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN AUTHENTIC PROBLEM INQUIRY (API) TERHADAP KETERAMPILAN PROSES SAINS PESERTA DIDIK PADA PEMBELAJARAN BIOLOGI KELAS X SMA NEGERI 1 SEMARAPURA. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
2113041024-COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text (ABSTRAK)
2113041024-ABSTRAK.pdf

Download (330kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2113041024-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (367kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2113041024-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (499kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2113041024-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (516kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2113041024-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (642kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
2113041024-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (334kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
2113041024-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (312kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
2113041024-LAMPIRAN.pdf

Download (9MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan keterampilan proses sains antara peserta didik yang belajar menggunakan strategi pembelajaran Authentic Problem Inquiry (API) dengan strategi konvensional. Jenis penelitian, yaitu kuasi eksperimen dengan desain rancangan penelitian nonequivalent pretest-posttest control group design. Sampel penelitian adalah peserta didik kelas X di SMA Negeri 1 Semarapura yang dipilih secara acak dengan undian. Berdasarkan hasil pemilihan kelas secara acak terpilih kelas X.4 sebagai kelas eksperimen yaitu pembelajaran dengan penerapan strategi pembelajaran API dan kelas X.1 sebagai kelas kontrol yaitu pembelajaran dengan strategi konvensional. Metode dalam penelitian menggunakan tes uraian dan lembar observasi yang berkaitan dengan indikator keterampilan proses sains. Data dianalisis dengan menggunakan analisis deskriptif kuantitatif dan Analysis of Covariance (Ancova) untuk mengetahui perbedaan keterampilan proses sains antara peserta didik yang belajar menggunakan strategi pembelajaran Authentic Problem Inquiry (API) dengan strategi konvensional. Hasil uji hipotesis menunjukkan bahwa nilai p=0,0001, yang berarti terdapat perbedaan signifikan keterampilan proses sains peserta didik yang dibelajarkan dengan strategi pembelajaran API dan dengan strategi pembelajaran konvensional. Sehingga keterampilan proses sains peserta didik pada kelas eksperimen yang menggunakan strategi API lebih baik dibandingkan dengan kelas kontrol yang menggunakan strategi konvensional.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: strategi pembelajaran Authentic Problem Inquiry (API), konvensional, keterampilan proses sains
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Jurusan Biologi dan Perikanan Kelautan > Program Studi Pendidikan Biologi (S1)
Depositing User: Putu Lia Rusita Dewi
Date Deposited: 04 Aug 2025 02:48
Last Modified: 04 Aug 2025 02:48
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/26447

Actions (login required)

View Item View Item