Karnadi, Luh Putu Arsih (2025) MENYELISIK MOTIVASI MENGAJAR PARA TUTOR KESETARAAN PADA PUSAT KEGIATAN BELAJAR MASYARAKAT WIDYA SENTANA BADUNG. Doctoral thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
![]() |
Text (COVER)
2239011039-COVER.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text (ABSTRAK)
2239011039-ABSTRAK.pdf Download (142kB) |
![]() |
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2239011039-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (213kB) |
![]() |
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2239011039-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (307kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2239011039-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (214kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2239011039-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (994kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 5 PENUTUP)
2239011039-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (123kB) | Request a copy |
![]() |
Text (DAFTAR PUSTAKA)
2239011039-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (314kB) |
![]() |
Text (LAMPIRAN)
2239011039-LAMPIRAN.pdf Download (551kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji motivasi mengajar para tutor kesetaraan di Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) Widya Sentana Badung. Tutor merupakan istilah bagi pendidik pada institusi pendidikan kesetaraan. Peran tutor sangat sentral dalam proses belajar mengajar di PKBM. Begitu juga yang terjadi di PKBM Widya Sentana di Kabupaten Badung. Peran tutor kesetaraan tersebut sangat sentral dalam upaya untuk membangun akses pendidikan kesetaraan bagi masyarakat, di tengah-tengah keterbatasan yang ada. Mengingat selama ini perhatian tutor dari pemerintah dapat dikatakan masih minim. Masalah penelitian difokuskan pada identifikasi faktor internal dan eksternal yang menyebabkan munculnya motivasi mengajar para tutor, serta relevansi faktor-faktor tersebut dalam konteks kearifan lokal di Bali. Metode menggunakan jenis penelitian kualitatif ini dengan pendekatan fenomenologi, untuk menggali pemahaman mendalam tentang pengalaman dan persepsi para tutor kesetaraan terkait motivasi mengajar, dan data dikumpulkan dengan teknik wawancara mendalam. Hasil penelitian menunjukkan adanya faktor internal, seperti kepuasan pribadi dan rasa panggilan untuk mencerdaskan bangsa, serta faktor eksternal seperti adanya penghasilan, dukungan dari pengelola PKBM dan apresiasi dari komunitas. Faktor-faktor ini berkontribusi pada peningkatan motivasi mengajar para tutor di PKBM Widya Sentana Badung. Selain itu, penelitian ini juga mengungkap berbagai upaya yang dilakukan baik oleh tutor maupun pengelola PKBM untuk memelihara dan meningkatkan motivasi mengajar, seperti dukungan pelatihan dan pemberian insentif dari para pengelola PKBM. Berkaitan dengan aspek kearifan lokal, terdapat dua konsep yang memiliki relevansi dengan motivasi mengajar para tutor, yaitu konsep pawongan dalam nilai Tri Hita Karana, dan Sevanam dalam ajaran Nawa Widha Bhakti. Motivasi dalam konsep pawongan bermakna bahwa dorongan mengajar muncul karena terbentuknya lingkungan kerja yang nyaman, karena adanya interaksi yang harmonis oleh seluruh warga PKBM, yang tentu saja sesuai dengan makna konsep pawongan. Motivasi dalam konsep Sevanam bermakna bahwa motivasi mengajar muncul karena adanya rasa untuk berbagi dan mengabdi secara tulus ikhlas kepada masyarakat, bangsa dan negara, hal ini sangat sejalan dengan makna sevanam dalam ajaran agama Hindu. Temuan ini diharapkan dapat memberikan wawasan berharga bagi pengelola PKBM Widya Sentana dalam merancang strategi peningkatan kualitas pengajaran dan meningkatkan motivasi mengajar para tutor kesetaraan, dan relevansinya dengan nilai-nilai kearifan lokal di Bali. Sehingga dapat menjadi bahan masukan untuk perumusan kebijakan pendidikan yang diharapkan berdampak pada peningkatan mutu pendidikan kesetaraan bagi institusi PKBM di Indonesia.
Item Type: | Thesis (Doctoral) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | mengajar, motivasi, pendidikan, tutor kesetaraan, non-formal |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > B Philosophy (General) L Education > L Education (General) L Education > LC Special aspects of education > LC5201 Education extension. Adult education. Continuing education |
Divisions: | Pascasarjana > Program Studi Ilmu Pendidikan (S3) |
Depositing User: | Luh Putu Arsih Karnadi |
Date Deposited: | 06 Aug 2025 11:22 |
Last Modified: | 06 Aug 2025 11:22 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/26478 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |