PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARA IPAS BERMUATAN KEARIFAN LOKAL BALI DENGAN MODEL PJBL UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN PROSES SAINS DAN KETERAMPILAN 4C SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR

Wahyuni, Luh Tu Selpi (2025) PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARA IPAS BERMUATAN KEARIFAN LOKAL BALI DENGAN MODEL PJBL UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN PROSES SAINS DAN KETERAMPILAN 4C SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR. Doctoral thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
2239031019-COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text (ABSTRAK)
2239031019-ABSTRAK.pdf

Download (94kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2239031019-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (233kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2239031019-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (745kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2239031019-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (697kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2239031019-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
2239031019-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (103kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
2239031019-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (245kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
2239031019-LAMPIRAN.pdf

Download (35MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan perangkat pembelajaran IPAS bermuatan kearifan lokal Bali dengan model PjBL yang layak, bermanfaat, dan efektif meningkatkan keterampilan proses sains dan keterampilan 4C. Penelitian ini menggunakan model pengembangan Borg and Gall dengan uji validitas, kebermanfaatan, dan efektivitas. Uji validitas dengan instrumen Learning Object Review (LORI) divalidasi oleh enam pakar yaitu dua ahli bahasa, ahli materi, dan ahli desain. Tahap uji one to one melibatkan satu guru dan tiga siswa. Tahap uji Small Grup melibatkan delapan siswa, satu guru model dan tiga praktisi terdiri dari kepala sekolah, guru dan peneliti. Uji kebermanfaatan dengan UEQ analysis tool melibatkan 7 guru dan 56 siswa Kelas V. Uji efektivitas melibatkan dua guru model dan 50 siswa kelas V SD. Pengumpulan data dilakukan dengan LORI, lembar UEQ, dan tes keterampilan proses sains dan keterampilan 4C. Analisis validitas menggunakan formula gregory, analisis kebergunaan menggunakan UEQ dan analisis efektivitas menggunakan uji MANOVA. Jenis perangkat yang dihasilkan berupa modul ajar, bahan ajar, LKPD dan media video pembelajara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) perangkat pembelajaran IPAS dengan model PjBL berorientasi kearifan lokal telah valid dengan konsep Tri Hita Karana, Telajakan, dan Tradisi Nyepi dengan validitas sangat tinggi; (2) perangkat pembelajaran IPAS bermanfaat untuk diterapkan pada siswa kelas V SD; dan (3) perangkat pembelajaran IPAS bermuatan kearifan lokal Bali dengan model PjBL efektif meningkatkan keterampilan proses sains dan keterampilan 4C secara simultan maupun parsial pada siswa kelas V SD Gugus V Kecamatan Banjar. Oleh karena itu, dapat disimpulkan perangkat pembelajaran IPAS yang dikembangkan telah memenuhi kriteria valid, bermanfaat, dan efektif terhadap pembelajaran IPAS.

Item Type: Thesis (Doctoral)
Uncontrolled Keywords: perangkat ajar, IPAS, keterampilan proses sains, keterampilan 4C.
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Q Science > Q Science (General)
Divisions: Pascasarjana > Program Studi Pendidikan Dasar (S3)
Depositing User: Luh Tu Selpi Wahyuni
Date Deposited: 05 Aug 2025 11:52
Last Modified: 05 Aug 2025 11:52
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/26499

Actions (login required)

View Item View Item