Pengaruh Model Pembelajaran Sains Teknologi Masyarakat dan Lingkungan (STML) Terhadap Keterampilan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar Siswa

Lestari, Dewa (2019) Pengaruh Model Pembelajaran Sains Teknologi Masyarakat dan Lingkungan (STML) Terhadap Keterampilan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar Siswa. Masters thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1723071010-COVER.pdf

Download (957kB)
[img] Text (ABSTRAK)
1723071010-ABSTRAK.pdf

Download (226kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1723071010-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (332kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1723071010-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (299kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1723071010-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (739kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1723071010-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (927kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
1723071010-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (381kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1723071010-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (341kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1723071010-LAMPIRAN.pdf

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan perbedaan keterampilan berpikir kritis dan hasil belajar siswa antara kelompok siswa yang belajar dengan model pembelajaran STML dibandingkan dengan kelompok siswa yang belajar dengan model pembelajaran DI. Jenis penelitian ini adalah quasi experiment dengan rancangan pretest-posttest non equivalent control group design. Populasi dalam penelitian ini yaitu semua siswa kelas VIII SMPN 1 Banjarangkan yang berjumlah 307 siswa yang dibagi dalam sepuluh kelas. Sampel diambil menggunakan teknik simple random sampling terhadap kelas sehingga diperoleh dua kelas eksperimen (VIII 1 dan VIII 7) dan dua kelas kontrol (VIII 2 dan VIII 7). Data dikumpulkan menggunakan instrumen berupa tes keterampilan berpikir kritis dan hasil belajar. Data dianalisis dengan analisis deskriptif dan hipotesis diuji dengan teknik MANOVA. Hasil penelitian menunjukan bahwa: (1) Terdapat perbedaan keterampilan berpikir kritis dan hasil belajar siswa antara kelompok siswa yang belajar dengan model STML dibandingkan dengan kelompok siswa yang belajar dengan model pembelajaran DI (F=49,78; p<0,05). (2) Terdapat perbedaan keterampilan berpikir kritis antara kelompok siswa yang belajar dengan model STML dibandingkan dengan kelompok siswa yang belajar dengan model pembelajaran DI (F=45,31; p<0,05). Uji LSD menunjukkan perbedaan skor rata-rata keterampilan berpikir kritis antara kedua pembelajaran tersebut lebih besar dari batas penolakan LSD ( maka, ). Dengan demikian penerapan model pembelajaran STML mampu meningkatkan keterampilan berpikir kritis. (3) Terdapat perbedaan hasil belajar siswa antara kelompok siswa yang belajar dengan model STML dibandingkan dengan kelompok siswa yang belajar dengan model DI (F=55,28; p<0,05). Uji LSD menunjukkan perbedaan skor rata-rata hasil belajar siswa antara kedua pembelajaran tersebut lebih besar dari batas penolakan LSD ( maka ). Dengan demikian penerapan model pembelajaran STML mampu meningkatkan hasil belajar siswa.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran Sains Teknologi Mayarakat dan Lingkungan (STML), Keretampilan Berpikir Kritis, Hasil Belajar
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QC Physics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Jurusan Fisika dan Pengajaran IPA > Program Studi Pendidikan IPA (S2)
Depositing User: Dewa Ayu Putu Diah Oktaviani Lestari
Date Deposited: 22 Oct 2019 00:53
Last Modified: 22 Oct 2019 00:53
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/265

Actions (login required)

View Item View Item