Merta, Komang Bayu (2025) Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Articulate Storyline 3 dengan Pendekatan Gamifikasi untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Siswa Kelas VII SMP Materi Bangun Datar. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
![]() |
Text (COVER)
2013011053-COVER.pdf Download (687kB) |
![]() |
Text (ABSTRAK)
2013011053-ABSTRAK.pdf Download (259kB) |
![]() |
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2013011053-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (275kB) |
![]() |
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2013011053-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (479kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2013011053-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (556kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2013011053-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 5 PENUTUP)
2013011053-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (153kB) | Request a copy |
![]() |
Text (DAFTAR PUSTAKA)
2013011053-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (209kB) |
![]() |
Text (LAMPIRAN)
2013011053-LAMPIRAN.pdf Download (2MB) |
Abstract
Pemahaman konsep merupakan elemen krusial dalam pembelajaran matematika, karena menjadi landasan utama bagi siswa dalam menyelesaikan berbagai permasalahan matematis. Tujuan dari penelitian ini untuk mengembangkan media pembelajaran interaktif berbasis Articulate Storyline 3 dengan mengintegrasikan unsur gamifikasi, guna memfasilitasi pemahaman siswa kelas VII SMP terhadap materi bangun datar secara lebih optimal. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Research and Development (R&D), dengan mengacu pada model pengembangan ADDIE yang mencakup lima tahap utama: analisis kebutuhan, desain, pengembangan produk, implementasi di lapangan, serta evaluasi untuk mengukur efektivitas media yang dikembangkan. Produk yang dihasilkan berupa aplikasi pembelajaran interaktif yang mengusung sistem misi dan tantangan. Berdasarkan hasil validasi, media pembelajaran dikategorikan sangat valid dengan perolehan skor rata-rata 4,8. Tingkat kepraktisan juga tergolong sangat tinggi, ditunjukkan oleh rata-rata skor sebesar 6,57. Sementara itu, efektivitas media berada pada kategori sedang dengan nilai N-Gain sebesar 0,56. Dengan hasil tersebut, media pembelajaran ini terbukti memiliki tingkat validitas, kepraktisan, dan efektivitas yang memadai sehingga layak digunakan sebagai sarana pendukung dalam meningkatkan pemahaman konsep siswa terhadap materi bangun datar.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Media Pembelajaran Interaktif, Articulate Storyline 3, Gamifikasi, Pemahaman Konsep, Bangun Datar |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Jurusan Matematika > Program Studi Pendidikan Matematika (S1) |
Depositing User: | Komang Bayu Merta |
Date Deposited: | 06 Aug 2025 03:19 |
Last Modified: | 06 Aug 2025 03:19 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/26516 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |