PEMBERDAYAAN MODEL PROBLEM-BASED LEARNING DAN E-MODUL BERORIENTASI SAD WARNANING RAJANITI DALAM PENCAPAIAN BERPIKIR KREATIF DAN KEMAMPUAN BERKOLABORASI MAHASISWA PADA PERKULIAHAN SOFT SKILLS

Willdahlia, Ayu Gede (2025) PEMBERDAYAAN MODEL PROBLEM-BASED LEARNING DAN E-MODUL BERORIENTASI SAD WARNANING RAJANITI DALAM PENCAPAIAN BERPIKIR KREATIF DAN KEMAMPUAN BERKOLABORASI MAHASISWA PADA PERKULIAHAN SOFT SKILLS. Doctoral thesis, Univertitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (2139011005-COVER)
2139011005-COVER.pdf

Download (809kB)
[img] Text (2139011005 ABSTRAK)
2139011005-ABSTRAK.pdf

Download (259kB)
[img] Text (2139011005 BAB 1 PENDAHULUAN)
2139011005-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (1MB)
[img] Text (2139011005-BAB 2 KAJIAN TEORI)
2139011005-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy
[img] Text (2139011005-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2139011005-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy
[img] Text (2139011005-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2139011005-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy
[img] Text (2139011005 BAB 5 PENUTUP)
2139011005-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (308kB) | Request a copy
[img] Text (2139011005 DAFTAR PUSTAKA)
2139011005-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (696kB)
[img] Text (2139011005 LAMPIRAN)
2139011005-LAMPIRAN.pdf

Download (13MB)

Abstract

Rendahnya keterampilan berpikir kreatif dan kemampuan berkolaborasi mahasiswa menjadi tantangan dalam peningkatan kualitas pendidikan tinggi, yang menuntut lulusan tidak hanya menguasai pengetahuan, tetapi juga memiliki sikap dan keterampilan yang utuh. Sikap tersebut tercermin dalam perilaku baik, benar, dan berbudaya melalui pembelajaran dan pengalaman selama studi. Perkuliahan Soft Skills menjadi sarana strategis untuk menumbuhkan kemampuan tersebut. Namun, capaian mahasiswa yang masih di bawah harapan menunjukkan perlunya pendekatan pembelajaran yang lebih kontekstual dan transformatif agar potensi mahasiswa dapat diberdayakan secara optimal dalam ranah kognitif, afektif, dan sosial. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh Problem-Based Learning (PBL) dan e-modul berbasis Sad Warnaning Rajaniti (SWR) terhadap keterampilan berpikir kreatif dan kemampuan berkolaborasi mahasiswa. Metode yang digunakan adalah kuasi-eksperimen dengan desain pretest-posttest non-equivalent control group, melibatkan dua variabel bebas dan dua variabel terikat. Populasi terdiri atas 15 kelas mata kuliah soft skills semester ganjil 2023/2024 di INSTIKI, dengan sampel empat kelas yang dipilih melalui teknik group random sampling. Instrumen pengumpulan data berupa tes esai untuk berpikir kreatif dan kuesioner untuk kemampuan berkolaborasi. Analisis data dilakukan secara deskriptif dan inferensial menggunakan Multivariate Analysis of Covariance (MANCOVA) faktorial 2×2 pada taraf signifikansi 5%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Terdapat perbedaan keterampilan berpikir kreatif dan kemampuan berkolaborasi mahasiswa antara yang belajar dengan Problem-based learning dan direct instruction. Model problem-based learning berpengaruh lebih besar dibandingkan dengan direct instruction dalam pencapaian keterampilan berpikir kreatif dan berkolaborasi. 2) Terdapat perbedaan keterampilan berpikir kreatif dan kemampuan berkolaborasi mahasiswa antara yang yang belajar dengan e-modul berbasis Sad Warnaning Rajaniti dan e-modul konvensional. Dalam pencapaian keterampilan berpikir kreatif dan berkolaborasi, e-modul berbasis Sad Warnaning Rajaniti lebih efektif dibandingkan dengan modul konvensional. 3) Terdapat pengaruh interaktif antara model pembelajaran (Problem-based learning v.s direct instruction) dan e-modul (berbasis Sad Warnaning Rajaniti v.s e-modul konvensional) terhadap keterampilan berpikir kreatif dan kemampuan berkolaborasi mahasiswa.

Item Type: Thesis (Doctoral)
Uncontrolled Keywords: Problem -based learning, e-modul berorientasi Sad Warnaning Rajaniti, keterampilan berpikir kreatif, kemampuan berkolaborasi
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Pascasarjana > Program Studi Ilmu Pendidikan (S3)
Depositing User: Ayu Gede Willdahlia
Date Deposited: 07 Aug 2025 06:53
Last Modified: 07 Aug 2025 06:53
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/26528

Actions (login required)

View Item View Item