IDENTIFIKASI POLA KOMUNIKASI DAN KEPRIBADIAN SISWA SEKOLAH LUAR BIASA (SLB) MELALUI ANALISIS KONTEN MEDIA SOSIAL

Cahyaningsih, Agung Ukki Galih (2025) IDENTIFIKASI POLA KOMUNIKASI DAN KEPRIBADIAN SISWA SEKOLAH LUAR BIASA (SLB) MELALUI ANALISIS KONTEN MEDIA SOSIAL. Masters thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
2329101025-COVER.pdf

Download (566kB)
[img] Text (ABSTRAK)
2329101025-ABSTRAK.pdf

Download (226kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2329101025-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (249kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2329101025-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (325kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2329101025-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (300kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2329101025-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (569kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
2329101025-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (163kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
2329101025-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (231kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
2329101025-LAMPIRAN.pdf

Download (828kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pola komunikasi siswa Sekolah Luar Biasa (SLB) melalui platform WhatsApp dan mengidentifikasi kecenderungan kepribadian siswa berdasarkan aktivitas komunikasi digital mereka. Penelitian ini menggunakan metode clustering K-Means dengan tiga indikator utama, yaitu waktu respon, panjang pesan, dan frekuensi pesan, untuk mengelompokkan siswa ke dalam tiga tipe kepribadian yaitu introvert, ambivert, dan ekstrovert. Data diperoleh dari hasil penambangan pesan WhatsApp 102 siswa SLB. Validasi kualitas klaster dilakukan menggunakan Davies-Bouldin Index (DBI) yang menghasilkan nilai 0,9095, menunjukkan bahwa pembagian klaster cukup baik dengan tingkat pemisahan yang jelas dan homogenitas internal klaster yang tinggi. Selain itu, analisis korelasi dilakukan menggunakan metode Spearman Rank-Order Correlation untuk melihat hubungan antara pola komunikasi dengan kepribadian siswa. Hasil uji korelasi Spearman menunjukkan koefisien korelasi (ρ) sebesar 0,187 dengan nilai signifikansi 0,060, yang berarti terdapat hubungan positif namun tidak signifikan secara statistik antara pola komunikasi digital dengan kecenderungan kepribadian siswa SLB. Temuan ini menunjukkan bahwa pola komunikasi melalui media digital dapat memberikan gambaran awal mengenai kepribadian siswa, namun belum cukup kuat dijadikan dasar prediksi. Hasil penelitian ini diharapkan dapat menjadi referensi bagi guru dan pendamping di SLB untuk mengenali pola komunikasi dan kepribadian siswa secara lebih mendalam, serta menyesuaikan strategi komunikasi dan pembelajaran yang lebih tepat sesuai karakteristik masing-masing siswa.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: pola komunikasi, kepribadian siswa, SLB, clustering K-Means, Davies-Bouldin Index, Spearman Rank-Order Correlation
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Pascasarjana > Program Studi Ilmu Komputer (S2)
Depositing User: Agung Ukki Galih Cahyaningsih
Date Deposited: 08 Aug 2025 02:31
Last Modified: 08 Aug 2025 02:31
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/26540

Actions (login required)

View Item View Item