Wahyuni, Made (2025) Pengembangan Modul Elektronik IPA Berbasis Discovery Learning Berorientasi Higher Order Thinking Skills Pada Materi Suhu, Kalor dan Pemuaian Untuk Siswa SMP. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
![]() |
Text (COVER)
2113071016-COVER.pdf.pdf Download (987kB) |
![]() |
Text (ABSTRAK)
2113071016-ABSTRAK.pdf.pdf Download (449kB) |
![]() |
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2113071016-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2113071016-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2113071016-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2113071016-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 5 PENUTUP)
2113071016-BAB 5 PENUTUP.pdf.pdf Restricted to Repository staff only Download (312kB) | Request a copy |
![]() |
Text (DAFTAR PUSTAKA)
2113071016-DAFTAR PUSTAKA.pdf.pdf Download (323kB) |
![]() |
Text (LAMPIRAN)
2113071016-LAMPIRAN.pdf.pdf Download (9MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan karakteristik, validitas, dan kepraktisan modul elektronik IPA berbasis discovery learning berorientasi HOTS pada materi suhu, kalor dan pemuaian untuk siswa SMP. Jenis penelitian ini adalah Research and development (R&D) dengan menggunakan model pengembangan 4-D yang terdiri tahapan define, design, develop, dan disseminate. Namun, pada penelitian ini hanya di batasi sampai tahap develop. Subjek penelitian ini yaitu 2 orang ahli S1 Pendidikan IPA sebagai validator, 4 guru IPA untuk uji kepraktisan, serta 15 orang siswa untuk uji kepraktisan. Metode dan instrumen yang digunakan dalam penelitian ini yaitu observasi, wawancara, dan angket/kuesioner. Teknik analisis data pada penelitian ini adalah teknik analisis deskriptif kualitatif dan deskriptif kuantitatif. Data yang diperoleh berupa data kualitatif dan kuantitatif Hasil penelitian menunjukkan modul yang dikembangkan memiliki karakteristik meliputi, (1) modul elektronik IPA memuat aktivitas pembelajaran mengikuti sintaks discovery learning yang berfokus pada pengembangan keterampilan higher order thinking skills (HOTS), (2) tampilan modul dibuat dalam bentuk flipbook (elektronik), (3) modul elektronik IPA termasuk dalam kategori validitas sangat tinggi dengan skor rata-rata sebesar 0,96, (4) modul elektronik IPA tergolong sangat praktis dengan skor rata-rata sebesar 4,55 dari penilaian guru dan skor rata-rata sebesar 4,42 dari siswa. Bedasarkan data hasil penelitian modul elektronik yang dikembangkan telah memenuhi kualitas sangat valid dan sangat praktis sehingga layak untuk diujikan ke tahap selanjutnya yaitu uji keefektifan produk.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kata Kunci: Modul elektronik IPA, discovery learning, Higher Order Thinking Skill (HOTS) |
Subjects: | A General Works > AS Academies and learned societies (General) Q Science > Q Science (General) T Technology > T Technology (General) Z Bibliography. Library Science. Information Resources > Z665 Library Science. Information Science |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Jurusan Fisika dan Pengajaran IPA > Program Studi Pendidikan IPA (S1) |
Depositing User: | MADE WAHYUNI |
Date Deposited: | 07 Aug 2025 03:00 |
Last Modified: | 07 Aug 2025 03:00 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/26558 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |