Permana, Kadek Beny Agus (2020) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOLABORATIF TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS V SD DI GUGUS II DAN GUGUS IX KECAMATAN BULELENG TAHUN PELAJARAN 2019/2020. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1611031159-COVER.pdf Download (306kB) |
|
Text (ABSTRAK)
1611031159-ABSTRAK.pdf Download (29kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1611031159- BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (138kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1611031159-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (191kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1611031159-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (331kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1611031159-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (186kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1611031159-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (91kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1611031159-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (151kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1611031159-LAMPIRAN.pdf Download (4MB) |
Abstract
Penelitian ini dilangsungkan agar pengaruh model pembelajaran kolaboratif pada hasil belajar Matematika siswa kelas V di SD Gugus II dan Gugus IX Kecamatan Buleleng Tahun Pelajaran 2019/2020 dapat diketahui. Jenis penelitian yakni eksperimen semu (quasi eksperiment) menggunakan rancangan post-test only control group design. Populasi penelitian yakni seluruh kelas (16 kelas) V di SD Gugus II dan Gugus IX Kecamatan Buleleng Tahun Pelajaran 2019/2020 dengan jumlah 401 orang. Sampel didapatkan melalui teknik multistage random sampling. Sampel penelitian yakni kelas V(A) SDN 1 Astina, kelas V SDN 1 Penarukan berjumlah 55 peserta didik. Sedangkan untuk kelompok kontrol kelas V(B) SDN 1 Astina serta kelas V SDN 4 Penarukan dengan jumlah 49 peserta didik. Data dikumpulkan melalui metode tes dengan instrument tes objektif yakni tes pilihan ganda. Data yang terkumpul diolah memakai analisis statistik deskriptif serta inferensial yaitu uji-t. Hasil analisis deskriptif didapatkan mean kelompok eksperimen > mean kelompok kontrol (17,4 > 15,06). Hasil uji-t didapatkan thitung = 7,09, ttabel (sig. 5%) = 1,983. Hal terkait mengindikasikan perbedaan signifikan hasil belajar Matematika antar kelompok model pembelajaran Kolaboratif serta kelompok tanpa model pembelajaran Kolaboratif, dan dengan ukuran keefektifan yang tinggi. Sehingga, bisa disimpulkan bahwasanya model pembelajaran Kolaboratif memberi pengaruh pada hasil belajar Matematika di kelas V SD Gugus II dan Gugus IX Kecamatan Buleleng Tahun Pelajaran 2019/2020.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | kolaboratif, hasil belajar matematika |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | KADEK BENY AGUS PERMANA |
Date Deposited: | 27 Jul 2020 11:03 |
Last Modified: | 27 Jul 2020 11:03 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/2667 |
Actions (login required)
View Item |