Pengembangan LKPD Interaktif Berorientasi Pendekatan Saintifik pada Fungsi Kuadrat untuk Meningkatkan Engagement Peserta Didik Kelas IX SMP

Pratiwi, I Gusti Ayu Widia (2025) Pengembangan LKPD Interaktif Berorientasi Pendekatan Saintifik pada Fungsi Kuadrat untuk Meningkatkan Engagement Peserta Didik Kelas IX SMP. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

This is the latest version of this item.

[img] Text (COVER)
1813011016_cover.pdf

Download (1MB)
[img] Text (ABSTRAK)
1813011016_abstract.pdf

Download (329kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1813011016_BAB 1 Pendahuluan.pdf

Download (343kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1813011016_BAB 2 Kajian Teori.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (630kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1813011016_BAB 3 Metodologi Penelitian.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (513kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1813011016_BAB 4 Hasil dan Pembahasan.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUPAN)
1813011016_BAB 5 Penutupan.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (323kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1813011016_Daftar Pustaka.pdf

Download (251kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1813011016_Lampiran.pdf

Download (3MB)

Abstract

LKPD Interaktif dapat membuat interaksi aktif oleh peserta didik dengan memanfaatkan media berbasis komputer untuk menunjang pembelajaran. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui karakteristik LKPD Interaktif berorientasi pendekatan saintifik pada fungsi kuadrat untuk meningkatkan engagement peserta didik kelas IX SMP dan juga mengetahui LKPD Interaktif yang efektif untuk meningkatkan engagement peserta didik kelas IX SMP. LKPD Interaktif ini berisikan materi Fungsi Kuadrat yang dikemas dengan sebagaimana mestinya pada aplikasi Lumi dengan H5P. Penelitian ini dilakukan di SMP N 1 Sidemen. Prosedur LKPD Interaktif ini menerapkan tiga dari empat metode pengembangan 4-D yaitu define (pendefinisian), design (perancangan) dan development (pengembangan). Instrumen yang digunakan untuk menilai kualitas LKPD Interaktif yang dikembangkan adalah lembar penilaian oleh ahli untuk menilai kevalidan dan angket respon siswa untuk serta angket respon guru untuk menilai kepraktisan. Selain itu, untuk dapat menilai keefektifan dari LKPD Interaktif yaitu dengan penilaian oleh guru IX. Hasil penelitian ini yaitu penilaian menurut ahli media diperoleh skor 4,8 dan penilaian ahli materi diperoleh skor 4,8 dari maksimum 5 sehinggal LKPD Interaktif dikatakan valid. Kemudian untuk skor rata-rata skor angket respon guru diperoleh skor 4,8 dan skor rata-rata angket respon peserta didik diperoleh skor 4,371 dari maksimum 5 sehingga LKPD Interaktif berorientasi saintifik memiliki kualitas praktis. Adapun rata rata skor guru dalam menilai keefektifan terdapat penilaian terhadap 32 peserta didik. Penilaian peningkatan terhadap peserta didik memperoleh hasil N-gain yaitu 0,82 dari perbandingan angket awal dan angket akhir dengan kategori tinggi yang berarti LKPD Interaktif berorientasi pendekatan saintifik pada fungsi kuadrat untuk meningkatkan engagement peserta didik efektif digunakan pada pembelajaran matematika.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: LKPD Interaktif, Pendekatan Saintifik, Fungsi Kuadrat, dan Engagement Peserta Didik
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Jurusan Matematika > Program Studi Pendidikan Matematika (S1)
Depositing User: I Gusti Ayu Widia Pratiwi
Date Deposited: 11 Aug 2025 01:19
Last Modified: 11 Aug 2025 01:19
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/26679

Available Versions of this Item

Actions (login required)

View Item View Item