PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN RECIPROCAL TEACHING BERBANTUAN MEDIA FLASH CARD TERHADAP KOMPETENSI PENGETAHUAN IPA SISWA KELAS IV SDN GUGUS II KUTA TAHUN AJARAN 2019/2020

Kasuma, I Gusti Ngurah Gede Agung Indra (2020) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN RECIPROCAL TEACHING BERBANTUAN MEDIA FLASH CARD TERHADAP KOMPETENSI PENGETAHUAN IPA SISWA KELAS IV SDN GUGUS II KUTA TAHUN AJARAN 2019/2020. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1611031190-COVER.pdf

Download (966kB)
[img] Text (ABSTRAK)
1611031190-ABSTRAK.pdf

Download (127kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1611031190-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (331kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TORI)
1611031190-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (368kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1611031190-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (686kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1611031190-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (389kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
1611031190-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (349kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1611031190-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (330kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1611031190-LAMPIRAN.pdf

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran reciprocal teaching berbantuan media flash card terhadap kompetensi pengetahuan IPA siswa kelas IV SDN Gugus II Kuta tahun ajaran 2019/2020. Jenis pada penelitian ini ialah eksperimen semu dengan menggunakan rancangan non-equivalent control grup design. Populasi yang terdapat pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV SDN Gugus II Kuta sebanyak 266 siswa. Sampel diambil menggunakan teknik cluster random sampling untuk menentukan kelompok eksperimen dan kelompok kontrol yang kemudian didapatkan kelas IV di SD No. 2 Seminyak sebagai kelas eksperimen dengan siswa berjumlah 36 orang dan kelas IVA SD No. 1 Legian sebagai kelas kontrol yang berjumlah 31 orang. Pengumpulan data untuk kompetensi pengetahuan IPA menggunakan instrumen tes objektif sebanyak 40 soal yang sudah divalidasi. Data yang diperoleh kemudian dianalisis menggunakan uji-t polled varians. Berdasarkan analisis data, didapatkan thitung = 5,250 > ttabel = 2,000 pada taraf signifikansi 5% dengan dk = 65, sehingga, H0 ditolak dan Ha diterima. Jika dilihat dari nilai rata-rata (means) kompetensi pengetahuan IPA kelompok eksperimen lebih dari kelompok kontrol yakni 0,545 > 0,297. Sehingga dapat disimpulkan terdapat pengaruh yang signifikan model pembelajaran reciprocal teaching berbantuan media flash card terhadap kompetensi pengetahuan IPA siswa kelas IV SDN Gugus II Kuta tahun ajaran 2019/2020.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: model pembelajaran reciprocal teaching, media flash card, kompetensi pengetahuan IPA
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: I GUSTI NGURAH GEDE AGUNG INDRA KASUMA
Date Deposited: 28 Jul 2020 01:47
Last Modified: 28 Jul 2020 01:47
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/2668

Actions (login required)

View Item View Item