PENGEMBANGAN VIDEO ANIMASI PEMBELAJARAN BAHASA JEPANG BERBASIS TOONLY UNTUK KELAS XI DI SMA NEGERI 2 SINGARAJA

Yutari, Nyoman Anggita (2025) PENGEMBANGAN VIDEO ANIMASI PEMBELAJARAN BAHASA JEPANG BERBASIS TOONLY UNTUK KELAS XI DI SMA NEGERI 2 SINGARAJA. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
2112061016-COVER.pdf

Download (939kB)
[img] Text (ABSTRAK)
2112061016-ABSTRAK.pdf

Download (313kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2112061016-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (264kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2112061016-BAB 2 KAJIAN PUSTAKA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (331kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2112061016-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (357kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2112061016-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
2112061016-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (226kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
2112061016-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (204kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
2112061016-LAMPIRAN.pdf

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan video animasi pada mata pelajaran bahasa Jepang pada bab 6,7, dan 8 buku sakura vol 1 di SMA Negeri 2 Singaraja dan menganalisis tingkat kelayakan video animasi yang dikembangkan. Perangkat lunak yang digunakan yaitu toonly. Pengembangan video pembelajaran ini menggunakan model Analisis (Analysis), Desain (Design), Pengembangan (Development), Implementasi (Implementation), dan Evaluasi (Evaluation) ADDIE. Pengembangan video pembelajaran ini dilakukan berdasarkan hasil wawancara semi terstruktur oleh guru bahasa Jepang dan siswa kelas XI I untuk mengetahui kendala pada saat pembelajaran bahasa Jepang di SMA Negeri 2 Singaraja. Hasil dari penelitian yaitu pengembangan tiga buah video pembelajaran bahasa Jepang berbasis animasi yang dilengkapi dengan backsound dan telah melewati tahap uji kelayakan oleh uji alpha dan uji beta. Penilaian oleh ahli media memperoleh rata-rata sebesar 64 (Baik), penilaian oleh ahli materi memperoleh rata-rata sebesar 65 (Baik) dan penilaian oleh ahli praktisi memperoleh rata rata nilai sebesar 135 (Sangat Baik) Uji beta dilakukan oleh 33 siswa dan memperoleh rata-rata sebesar 69.06 (Sangat Baik). Hasil penilaian pada masing-masing uji alpha dan uji beta menyatakan bahwa video pembelajaran yang dikembangkan baik sehingga layak digunakan pada mata pelajaran bahasa Jepang kelas XI di SMA Negeri 2 Singaraja.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Video Pembelajaran, Toonly, Animasi, Bahasa Jepang, ADDIE
Subjects: L Education > L Education (General)
T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Jurusan Bahasa Asing > Program Studi Pendidikan Bahasa Jepang (S1)
Depositing User: NYOMAN ANGGITA YUTARI
Date Deposited: 09 Aug 2025 12:59
Last Modified: 09 Aug 2025 12:59
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/26699

Actions (login required)

View Item View Item