PENGEMBANGAN BUKU AJAR IPAS BERMUATAN KEARIFAN LOKAL BUGIS UNTUK MENINGKATKAN LITERASI BUDAYA DAN LITERASI LINGKUNGAN SISWA DALAM PEMBELAJARAN DI SEKOLAH DASAR

Adela, Dhea (2025) PENGEMBANGAN BUKU AJAR IPAS BERMUATAN KEARIFAN LOKAL BUGIS UNTUK MENINGKATKAN LITERASI BUDAYA DAN LITERASI LINGKUNGAN SISWA DALAM PEMBELAJARAN DI SEKOLAH DASAR. Doctoral thesis, UNIVERSITAS PENDIDIKAN GANESHA.

[img] Text (COVER)
2239031014-COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text (ABSTRAK)
2239031014-ABSTRAK.pdf

Download (299kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2239031014-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (304kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2239031014-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2239031014-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2239031014-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
2239031014-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (184kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
2239031014-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (314kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
2239031014-LAMPIRAN.pdf

Download (11MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan buku ajar IPAS bermuatan kearifan lokal Bugis yang valid, praktis, dan efektif meningkatkan literasi budaya dan literasi lingkungan siswa. Penelitian ini menggunakan model pengembangan 4D (define, design, develop, dan disseminate) dengan pengujian aspek validitas, kepraktisan, dan efektivitas. Uji validitas dilakukan melalui instrumen yang divalidasi oleh enam pakar yaitu dua ahli bahasa, dua ahli materi pembelajaran di SD, dan dua ahli media. Uji kepraktisan pada uji coba terbatas melibatkan sepuluh siswa kelas IV, sedangkan uji coba luas melibatkan enam guru dan seratus sembilan puluh dua siswa Kelas IV. Uji efektivitas melibatkan dua guru model dan enam puluh empat siswa kelas IV SD. Instrumen pengumpulan data dengan lembar observasi dan tes literasi budaya, dan literasi lingkungan. Analisis validitas buku ajar kearifan lokal Bugis menggunakan formula Gregory, analisis kepraktisan menggunakan nilai rata-rata dan analisis efektivitas buku ajar menggunakan uji MANOVA. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) buku pembelajaran IPAS bermuatan kearifan lokal Bugis telah valid dengan mengintegrasikan konsep kearifan lokal Bugis yaitu Mappano Bine, Maddoja Bine, Mappalette Bola, Mappadendang, serta permainan tradisional Maraga, Mattojang, dan Mappasajang dengan validitas sangat tinggi; (2) buku ajar IPAS praktis untuk diterapkan terhadap kelas IV SD; dan (3) buku ajar IPAS bermuatan kearifan lokal Bugis efektif meningkatkan literasi budaya dan literasi lingkungan secara simultan maupun parsial pada siswa kelas IV SD di Kecamatan Pallangga. Oleh karena itu, dapat disimpulkan buku ajar IPAS yang dikembangkan telah memenuhi kriteria valid, praktis, dan efektif dalam pembelajaran IPAS.

Item Type: Thesis (Doctoral)
Uncontrolled Keywords: buku ajar, IPAS, literasi budaya, literasi lingkungan, kearifan lokal
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Pascasarjana > Program Studi Pendidikan Dasar (S3)
Depositing User: Dhea Adela
Date Deposited: 10 Aug 2025 05:05
Last Modified: 10 Aug 2025 05:05
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/26736

Actions (login required)

View Item View Item