ANALISIS PENGARUH VARIASI BERAT ROLLER SLIDING TERHADAP TORSI, DAYA, DAN KONSUMSI BAHAN BAKAR PADA MOTOR MATIC CVT

Setiawan, Kadek Ari (2025) ANALISIS PENGARUH VARIASI BERAT ROLLER SLIDING TERHADAP TORSI, DAYA, DAN KONSUMSI BAHAN BAKAR PADA MOTOR MATIC CVT. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1517051137-COVER.pdf

Download (931kB)
[img] Text (ABSTRAK)
1517051137-ABSTRAK.pdf

Download (262kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1517051137-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (294kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1517051137-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (689kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODOLOGI PENELITIAN)
1517051137-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (442kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1517051125-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (629kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
1517051137-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (273kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1517051137-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (233kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1517051137-LAMPIRAN.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh variasi berat roller sliding terhadap torsi, daya, dan konsumsi bahan bakar pada sepeda motor matic dengan transmisi CVT. Objek penelitian adalah sepeda motor Honda Vario 110cc FI tahun 2013. Roller yang digunakan adalah roller silinder standar dengan berat 13 gram dan roller sliding dengan variasi berat masing-masing 10 gram, 12 gram, dan 15 gram. Metode yang digunakan adalah metode eksperimen dengan pengambilan data melalui pengujian menggunakan dynotest untuk mengukur torsi, daya, dan pengujian konsumsi bahan bakar pada rentang putaran mesin 3000 – 7000 rpm, dengan lima titik pencatatan. yaitu 3000 rpm, 4000 rpm, 5000 rpm, 6000 rpm, dan 7000 rpm. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variasi berat roller sliding berpengaruh terhadap torsi dan daya mesin. Secara umum, semua variasi roller sliding menghasilkan torsi dan daya yang lebih tinggi dibandingkan dengan roller standar. Pengujian torsi menunjukkan bahwa peningkatan berat roller sliding cenderung meningkatkan torsi pada putaran rendah. Roller sliding 15 gram menghasilkan torsi rata-rata tertinggi sebesar 20,28 N.m pada 3000 rpm, sedangkan roller sliding 10 gram dan 12 gram masing-masing menghasilkan torsi rata-rata sebesar 19,82 N.m dan 19,81 N.m. Pengujian daya menunjukkan bahwa roller sliding yang lebih ringan cenderung menghasilkan daya yang lebih besar pada putaran menengah. Roller sliding 10 gram menghasilkan daya rata-rata tertinggi sebesar 9,08 HP pada 5000 rpm, diikuti oleh roller sliding 12 gram (8,94 HP) dan 15 gram (7,96 HP). Sementara itu, pengujian konsumsi bahan bakar menunjukkan bahwa seluruh variasi roller sliding memiliki pola konsumsi bahan bakar yang hampir identik pada setiap putaran mesin, dengan selisih rata-rata kurang dari 0,015%.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: CVT, roller sliding, torsi, daya, konsumsi bahan bakar, motor matic.
Subjects: T Technology > TC Hydraulic engineering. Ocean engineering
T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery
T Technology > TL Motor vehicles. Aeronautics. Astronautics
T Technology > TS Manufactures
Divisions: Fakultas Teknik dan Kejuruan > Jurusan Teknologi Industri > Program Studi Pendidikan Teknik Mesin (S1)
Depositing User: Kadek Ari Setiawan
Date Deposited: 11 Aug 2025 04:10
Last Modified: 11 Aug 2025 04:10
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/26789

Actions (login required)

View Item View Item