Dwi Ayu Astari, Ni Made (2020) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INSIDE OUTSIDE CIRCLE BERBANTUAN LINGKUNGAN SEKOLAH TERHADAP KOMPETENSI PENGETAHUAN IPA SISWA KELAS IV SD NEGERI GUGUS VI SUKAWATI TAHUN AJARAN 2019/2020. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1611031002-COVER.pdf Download (1MB) |
|
Text (ABSTRAK)
1611031002-ABSTRAK.pdf Download (217kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1611031002-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (337kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1611031002-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (267kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1611031002-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (540kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1611031002-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (440kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1611031002-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (212kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1611031002-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (356kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1611031002-LAMPIRAN.pdf Download (14MB) |
Abstract
Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Inside Outside Circle Berbantuan Lingkungan Sekolah terhadap kompetensi pengetahuan IPA siswa kelas IV SD Negeri Gugus VI Sukawati tahun ajaran 2019/2020. Penelitian ini termasuk penelitian kuantitatif menggunakan desain non- equivalent control group design dan termasuk eksperimen semu. Populasi penelitian ini yakni 9 kelas dari 6 SD di Gugus VI Sukawati tahun ajaran 2019/2020 berjumlah 275 siswa kelas IV. Penentuan sampel menggunakan teknik random sampling dan memperoleh sampel sebanyak 61 orang yaitu 30 siswa kelas IVA di SD Negeri 6 Batubulan sebagai kelas eksperimen dan 31 siswa kelas IV di SD Negeri 7 Batubulan sebagai kelas kontrol. Data kompetensi pengetahuan IPA dikumpulkan menggunakan tes pilihan ganda biasa, yang selanjutnya dianalisis dengan analisis uji-t polled varians. Sebelum uji t dilakukan uji normalitas dengan Kolmogorov Smirnov dan homogenitas dengan rumus Fisher. Berdasarkan hasil analisis diperoleh thitung = 6,599 > ttabel 2,000 dengan dk = 59 pada taraf signikansi 5%, sehingga H0 yang berbunyi tidak terdapat perbedaan yang signifikan kompetensi pengetahuan IPA antara kelompok yang dibelajarkan dengan model pembelajaran Inside Outside Circle Berbantuan Lingkungan Sekolah dengan kelompok yang dibelajarkan melalui pembelajaran konvensional pada kelas IV SD Negeri Gugus VI Sukawati tahun ajaran 2019/2020 ditolak. Adapun rerata nilai kompetensi pengetahuan IPA untuk kelompok eksperimen = 87,633 dan rerata nilai kompetensi pengetahuan IPA untuk kelompok kontrol = 74,968. Sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran Inside Outside Circle Berbantuan Lingkungan Sekolah terhadap kompetensi pengetahuan IPA siswa kelas IV SD Negeri Gugus VI Sukawati tahun ajaran 2019/2020
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Inside Outside Circle, lingkungan sekolah dan kompetensi pengetahuan IPA |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | Ni Made Dwi Ayu Astari |
Date Deposited: | 28 Jul 2020 05:32 |
Last Modified: | 28 Jul 2020 05:32 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/2680 |
Actions (login required)
View Item |