PENGARUH PEMBELAJARAN KOOPERATIF TEAM GAME TOURNAMENTS (TGT) TERHADAP KEMAMPUAN LITERASI DAN NUMERASI ANAK-ANAK DI TK NEGERI SUSUT KAJA

Sugiartini, Ni Made Ari (2025) PENGARUH PEMBELAJARAN KOOPERATIF TEAM GAME TOURNAMENTS (TGT) TERHADAP KEMAMPUAN LITERASI DAN NUMERASI ANAK-ANAK DI TK NEGERI SUSUT KAJA. Masters thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
2229171016-COVER.pdf

Download (614kB)
[img] Text (ABSTRAK)
2229171016-ABSTRAK.pdf

Download (256kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2229171016-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (351kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2229171016-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (366kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2229171016-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (500kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2229171016-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (530kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
2229171016-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (320kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
2229171016-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (265kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
2229171016-LAMPIRAN.pdf

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meneliti Pengaruh Pembelajaran Kooperatif Team Game Tournaments (TGT) Terhadap Kemampuan Literasi Dan Numerasi Anak-anak Di TK Negeri Susut Kaja. Kajian dalam penelitian ini tergolong penelitian eksperimen semu (quasi experiment) dengan desain eksperimen yang digunakan adalah Nonequivalent Control Group Design. Teknik analisis yang digunakan adalah MANOVA dengan berbantuan aplikasi SPSS. Populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh anak TK Gugus I Kecamatan Susut Kabupaten Bangli dengan jumlah yaitu 184 anak. Pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik cluster random sampling diperoleh dua kelas TK B yaitu TK Negeri Susut Kaja dengan jumlah 30 orang anak dan TK Negeri Selat dengan 37 anak. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah teknik observasi dan tes untuk mengumpulkan data variabel kemampuan Literasi dan Numerasi. Hasil dari penelitian ini berdasarkan analisis SPSS pada taraf signifikansi 5% diantaranya: 1) Terdapat pengaruh yang signifikan pada kemampuan literasi anak yang dibelajarkan dengan menggunakan pembelajaran kooperatif team game Tournaments (TGT) dan anak yang tidak dibelajarkan dengan pembelajaran kooperatif team game Tournaments (TGT). 2) Terdapat pengaruh yang signifikan pada kemampuan numerasi anak yang dibelajarkan dengan menggunakan pembelajaran kooperatif team game Tournaments (TGT) dan anak yang tidak dibelajarkan dengan pembelajaran kooperatif team game Tournaments (TGT). 3) Terdapat pengaruh yang signifikan pada kemampuan literasi dan numerasi secara simultan antara anak yang dibelajarkan dengan menggunakan pembelajaran kooperatif team game Tournaments (TGT) dan anak yang tidak dibelajarkan dengan pembelajaran kooperatif team game Tournaments (TGT).

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Kata-kata Kunci: anak usia dini, kemampuan literasi, kemampuan numerasi, Team Game Tournaments (TGT)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Pascasarjana > Program Studi Pendidikan Anak Usia Dini (S2)
Depositing User: Ni Made Ari Sugiartini
Date Deposited: 11 Aug 2025 06:16
Last Modified: 11 Aug 2025 06:16
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/26804

Actions (login required)

View Item View Item